11 Ribu Wanita Lapor Siklus Mens Terganggu Usai Vaksin Covid

Lifestyle - Thea Fathanah Arbar, CNBC Indonesia
20 July 2022 21:25
Ilustrasi Menstruasi (PatriciaMoraleda dari Pixabay ) Foto: Ilustrasi Menstruasi (PatriciaMoraleda dari Pixabay )

Jakarta, CNBC Indonesia - Sekitar 11.000 wanita Prancis telah melaporkan perubahan menstruasi kepada dokter mereka usai vaksinasi Covid-19. Sebagian besar terkait sejumlah gejala seperti periode yang tidak menentu, pendarahan yang lebih berat atau lebih lemah dari biasanya.

Hal ini pun membuat otoritas kesehatan Prancis meminta pelaporan secara resmi ke web pemerintah. Ini terutama bagi yang telah disuntik vaksin Pfizer dan Moderna.

Badan Keamanan Obat Nasional (ANSM) juga akan menyelidiki kemungkinan efek samping dari kedua vaksin. Sebelumnya suntikan telah diberikan sebanyak 70 juta kali kepada wanita di Prancis.

"ANSM mendesak para wanita untuk memberikan informasi sedetail mungkin dalam formulir deklarasi yang telah tersedia di situs web kementerian kesehatan," kata lembaga itu melansir AFP, Rabu (20/7/2022).

Sebelumnya, penelitian yang diterbitkan di jurnal Science Advances juga menemukan bahwa 42% responden survei melaporkan menstruasi yang lebih berat setelah vaksinasi. Beberapa wanita pascamenopause dan pria transgender yang disuntik hormon pun melaporkan pendarahan.

Survei ini dilakukan terhadap 39.000 orang oleh para peneliti di University of Illinois dan Washington University School of Medicine yang berbasis di Amerika Serikat (AS) pada April 2021.

Penelitian terpisah menggunakan data dari hampir 4.000 orang oleh Oregon Health & Science University menunjukkan pada Januari bahwa rata-rata wanita yang divaksinasi mengalami sedikit keterlambatan hampir satu hari dalam menstruasi dibandingkan dengan yang tidak divaksin.

Sementara akibat efek tersebut, tidak sedikit orang yang menentang program vaksinasi Covid-19 yang diterapkan di banyak negara tahun lalu. Para ahli mengatakan informasi yang salah telah merajalela di media sosial.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Haram Santap Makanan-minuman Ini Kalau Kamu Habis Divaksin


(sef/sef)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading