Bukan Uang, Ini 'Kemewahan' yang Diinginkan Warren Buffett

Lifestyle - Linda Hasibuan, CNBC Indonesia
15 July 2022 20:17
warren buffet. Ist Foto: warren buffet. Ist

Jakarta, CNBC Indonesia - Warren Buffett dan Charlie Munger adalah dua kawan akrab yang juga partner bisnis. Pada 1978, mereka mendirikan Berkshire Hathaway yang kini menjelma menjadi raksasa investasi bernilai ratusan miliar dolar AS. 

Namun dua sahabat karib itu mengatakan bahwa semua uang yang mereka miliki bukan hadiah terbesar dari persahabatan mereka selama beberapa dekade.

"Kami menghasilkan banyak uang, tetapi yang benar-benar kami inginkan adalah kebebasan," kata Buffett, dikutip dari CNBC Make It

Dia bahkan menyebut bahwa kebebasan adalah salah satu kemewahan hidup.

Lebih lanjut, Buffett menjelaskan bahwa kebebasan yang dia dan Munger cari berkaitan dengan kemampuan untuk memilih dengan siapa saja mereka ingin bergaul sehari-hari, baik itu dalam bisnis atau kehidupan pribadi mereka.

"Hal yang benar-benar hebat adalah jika dapat melakukan apapun yang ingin Anda lakukan dalam hidup dan bergaul dengan siapapun yang ingin Anda asosiasikan dalam hidup. Dan kami berdua memiliki kebebasan itu," kata Buffett.

"Jika kami berhubungan dengan orang brengsek, itu masalah kami, tapi kami tidak harus melakukannya. Kami sudah memiliki kemewahan itu sekarang selama 60 tahun, atau hampir mendekatinya."

Menurut Buffett, kebebasan itu lebih penting daripada bentuk kekayaan lainnya, bahkan mengalahkan kemewahan memiliki rumah yang memiliki 25 kamar, atau enam mobil. 

Ketika ditanya seberapa cepat mereka biasanya tahu apakah seseorang adalah individu yang tepat untuk diajak bergaul, Munger pun menjawab:

"Sungguh menakjubkan betapa cepatnya kami melakukannya dan betapa sedikit kesalahan yang kami buat," kata dia. 


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Ini Saran Warren Buffett Bagi Gen Z yang Sedang Cari Kerja


(hsy/hsy)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading