10 Karya Arsitektur Ridwan Kamil yang Mendunia, Keren Semua!

Lifestyle - Emir Yanwardhana, CNBC Indonesia
25 June 2022 16:54
Acehnese sit down side by side inside the tsunami memorial and museum built to commemorate the 2004 Asian Tsunami that killed more than 200,000 people, in Banda Aceh, Indonesia, Monday, Feb. 2, 2009. (AP Photo/Binsar Bakkara)

Jakarta, CNBC Indonesia - Sebelum menjadi Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil sudah banyak menelurkan karya arsitektur yang mendunia. Lulusan Institute Teknologi Bandung ini sempat merancan bangunan ikonik di luar negeri melalui firman arsitekturnya, Urbane.

Berikut 10 hasil mahakarya arsitektur yang dirancang oleh Ridwan Kamil:

1. Museum Tsunami Aceh

Museum yang diresmikan pada tahun 2009 ini lahir dari sentuhan tangan Ridwan Kamil. Kala itu, Gubernur Jawa Barat ini menjadi pemenang sayembara desain Museum Tsunami tingkat internasional pada tahun 2007.


Salah satu spot yang berada di museum ini adalah Sumur Doa yang merupakan bangunan menjulang tinggi dengan lafadz Allah di atasnya. Di sekeliling dinding ada nama-nama korban yang meninggal akibat tsunami.

2. Marina Bay Waterfront Master Plan

Ridwan Kamil juga menjadi salah satu orang Indonesia yang mengerjakan proyek Marina Bay Water Front Master Plan. Marina Bay menjadi salah satu gedung ikonik di Singapura. Melansir CNN Indonesia, dalam wawancara dengan salah satu media, Ridwan mengakui sempat terlibat proyek besar ini. Bentuk bangunannya ditandai dengan ikon kapal yang berdiri di atas tiga gedung pencakar langit sebagai fondasinya.

3. Beijing Finance Street, China

Beijing Finance Street Super Block, China merupakan karya arsitektur Ridwan Kamil lainnya di luar negeri. Menurut CNN Indonesia, di sana terdapat ruang terbuka hijau dan area parkir tak terlihat di permukaan. Karya ini pernah diumumkan sendiri oleh Ridwan Kamil dalam kiriman Instagramnya pada tahun 2015 dengan melampirkan foto Beijing Finance Street.

"Ini salah satu karya urban design saya sebelum jadi Walikota. Pusat Bisnis di Beijing. Namanya Beijing Finance Street. Bandung Teknopolis akan seperti ini Insya Allah," tulis Ridwan Kamil.

4. Rumah Botol Bandung

Rumah dengan dinding yang terdiri dari 30 ribu botol bekas ini merupakan kediaman pribadi Ridwan Kamil dan juga keluarga sebelum dilantik jadi Walikota Bandung. Begitu unik, rumah botol ini meraih penghargaan Green Design Award dari Asia Building Construction Information (BCI) pada 2009 lalu.

5. Ningbo Newton, China

Proyek Ningbo Newton di China dikerjakan Ridwan Kamil pada tahun 2002. Hal ini juga dikabarkan Ridwan Kamil lewat Instagram resminya pada Februari 2016.

"Bahagia itu adalah dikasih tau, kalau kota baru di Ningbo Newton di China yang saya desain 13 tahun lalu, sekarang sudah jadi. Salah satu anugerah terbesar Allah kepada kita adalah daya imajinasi. Mari gunakan sejauh mungkin," tulis Ridwan Kamil.

6. Masjid Syaikh 'Ajlin, Gaza

Masjid Syaikh 'Ajlin di Gaza, Palestina menjadi salah satu masjid yang dirancang oleh Ridwan Kamil. Pembangunannya dimulai pada 2021 lalu.

Sebelumnya, masjid ini pernah didirikan pada tahun 1957 di perkampungan Syaikh 'Ajlin yang berada di tepi pantai dan direnovasi beberapa kali, namun rumah ibadah tersebut hancur setelah Israel menyerang pada tahun 2014.

7. Masjid 99 Kubah

Masjid berdesain indah di Makassar ini dibangun pada tahun 2017 saat Ridwan Kamil masih menjadi Walikota Bandung. Masjid ini dibangun dengan 99 kubah, mengikuti Asmaul Husna.

8. Masjid Raya Al Jabbar

Masjid terapung yang berlokasi di Gedebage, Bandung ini memiliki kapasitas 60 ribu jemaah. Berdiri di lahan seluas 25,9 hektare, masjid ini dilengkapi dengan fasilitas manasik haji, penginapan, perpustakaan hingga ruang pertemuan.

9. Masjid Al Safar

Masjid Al Safar diresmikan pada tahun 2017. Didesain oleh Ridwan Kamil, masjid ini terinspirasi dari topi adat Sunda.

Berlokasi di Rest Area 88 B di Tol Purbaleunyi, Masjid Al Safar bisa menampung hingga 1.200 jemaah. Ada fasilitas taman dan kolam yang membuat suasana masjid semakin asri.

 

10. Masjid Al Mumtadz

Ini akan menjadi proyek terkini yang akan dibangun berdekatan dengan makam putra sulung Ridwan Kamil, Emmeril Kahn Mumtadz. Nama Al Mumtadz sendiri diambil dari nama belakang sang putra sulung, Emmeril Kahn Mumtadz. Dalam bahasa Arab, Mumtadz juga memiliki arti terbaik.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Media Asing Soroti Aksi Netizen RI Soal Ulasan Sungai Aare


(luc/luc)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading