Tak Cuma Memperkaya Kosa Kata, Ini 4 Manfaat Bermain Scrabble

Lifestyle - Tim Redaksi, CNBC Indonesia
16 June 2022 18:10
Participants play

Jakarta, CNBC Indonesia - Scrabble adalah sebuah permainan olah huruf menggunakan media papan atau kertas karton yang dicetak kotak-kotak seperti papan permainan ular tangga. Para pemain diharuskan meletakkan beberapa balok huruf pada kotak-kotak dengan posisi tertentu di papan tersebut yang akan membentuk suatu kata.

Di Indonesia sendiri, permainan papan Scrabble dan Words with Friends cukup lama dikenal di kalangan masyarakat. Di era 90-an, banyak dari mereka yang bermain jenis permainan merangkai kata ini untuk berlatih kemampuan bahasa Inggris, terutama penambahan dan penguasaan kosa kata.

Namun, tahukah Anda ada manfaat lain permainan ini yang dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari? Yuk, simak list berikut!


1. Mengasah kepintaran Anda dalam bahasa Inggris

Bagi orang Indonesia, bahasa Inggris merupakan bahasa kedua yang perlu dipelajari. Nah, salah satu cara untuk menambah keahlian ini terutama dalam penguasaan vocabulary (kosa kata) adalah dengan bermain Word Unscrambler. Dalam permainan ini, Anda akan memperoleh kosakata baru yang mungkin saja baru Anda dengar dari lawan Anda, atau lawan Anda dapat menambah koleksi perbendaharaan kata dari Anda sendiri.

2. Belajar berkompetisi

Tidak seperti permainan papan lainnya seperti catur, permainan Scrabble Word Finder sangat mudah untuk dipelajari dan dimainkan. Game ini tidak memiliki peraturan yang rumit yang akan membuat pusing kepala Anda. Anda hanya diminta untuk menyusun huruf alfabet yang diberikan kepada Anda secara acak.

Tetap saja, Anda tidak boleh sembarangan menaruh huruf-huruf itu di papan Scrabble, ya. Anda akan terus berkompetisi dengan lawan Anda sambil berusaha menghabiskan huruf-huruf yang Anda miliki pada papan kotak-kotak yang terdiri dari 15 kolom dan 15 baris ini.

3. Menjalin kekompakan yang erat antar pemain

Ketika berkumpul dengan keluarga atau teman-teman, bermain scrabble bisa menjadi pilihan untuk menghangatkan suasana kumpul-kumpul. Permainan ini bisa meningkatkan kekompakan dan solidaritas dengan teman dan keluarga. Apalagi untuk kalian yang jarang bertemu. 

4. Meningkatkan konsentrasi 

Permainan scrabble sangat membutuhkan konsentrasi yang tinggi, tak hanya berpikir kata apa yang akan dibentuk dari balok huruf yang Anda ambil, tapi juga posisi meletakkan balok-balok tersebut supaya dapat skor tertinggi.

Semakin sering fokus dan konsentrasi saat bermain scrabble, maka Anda akan dapat memperoleh skor tertinggi di antara lawan main. Anda juga bisa menerapkan kemampuan konsentrasi ini pada beberapa hal lainnya, seperti bekerja dan belajar.

Selain itu, bermain Scrabble juga tidak membutuhkan biaya besar. Dengan modal uang yang hanya Rp 50.000 sampai Rp85.000 saja, Anda sudah dapat membeli papan Scrabble lengkap dengan puluhan keping abjad hurufnya.

Namun, Seiring kemajuan dunia teknologi dan dunia internet, Anda dapat bermain Scrabble dan Words for Friends secara online. Via website online, Anda dapat bertemu dengan teman-teman baru Anda yang berasal dari seluruh dunia dan berinteraksi dengan mereka secara baik. Biasanya mereka akan dengan senang hati memberikan pengalaman bermain mereka kepada Anda.

Anda akan bertemu dengan orang-orang dengan berbagai perspektif mengenai kehidupan dan cerita-cerita menarik lainnya. Sambil bermain Scrabble via online, maka Anda secara otomatis juga sedang membangun hubungan pertemanan dengan mereka dari seluruh dunia, dan juga dapat mengembangkan keahlian bahasa Inggris Anda dengan mereka.


[Gambas:Video CNBC]

(hsy/hsy)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Artikel Terkait
Features
    spinner loading