Cocok Buat Diet, Ini 7 Makanan Pengganti Nasi Selain Kentang

Lifestyle - Tim Redaksi, CNBC Indonesia
14 June 2022 16:35
Brokoli (Photo by Tyrrell Fitness And Nutrition on Unsplash) Foto: Brokoli (Photo by Tyrrell Fitness And Nutrition on Unsplash)

Jakarta, CNBC Indonesia - Salah satu metode diet yang populer adalah mengurangi konsumsi nasi karena tinggi karbohidrat dan gula. Sebagai gantinya, biasanya orang mengonsumsi kentang rebus yang lebih sehat. 

Namun, jika bosan dengan kentang dan ingin variasi lain, Anda bisa mencoba 7 makanan pengganti nasi berikut:


1. Brokoli

Sayuran brokoli adalah alternatif makanan pengganti nasi untuk diet buat Bunda yang sedang menjalani diet rendah karbohidrat. Kandungan nutrisinya mirip dengan kembang kol, 1/2 cangkir (57 gram) mengemas sekitar 15 kalori dan 2 gram serat.

Brokoli juga merupakan sumber vitamin C yang sangat baik. Vitamin C bertindak sebagai antioksidan kuat yang dapat membantu mencegah kerusakan sel dan meningkatkan kesehatan kekebalan tubuh.

2. Quinoa

Quinoa termasuk biji-bijian yang juga bisa menjadi makanan pengganti nasi untuk diet. Makanan pengganti nasi yang populer ini bebas gluten dan jauh lebih tinggi proteinnya dibanding nasi putih. Faktanya, satu porsi atau 1/2 cangkir (92 gram) quinoa matang menyediakan 4 gram protein, dua kali lipat jumlah yang ditemukan dalam porsi nasi putih yang sama.

3. Barley atau jelai

Barley atau jelai adalah jenis biji-bijian yang terlihat mirip gandum dan memiliki tekstur kenyal. Jelai memiliki karbohidrat seperti nasi namun mengandung lebih banyak protein dan serat. Terdapat kandungan zinc, selenium, dan antioksidan yang disebut lignan bisa membantu melindungi sel tubuh dari kerusakan.

Temukan inspirasi makanan pengganti nasi lainnya di sini.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Ini Musuh Besar Penderita Diabetes, Bikin Gula Darah Meroket!


(hsy/hsy)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading