Justin Bieber Sakit Ramsay Hunt, Bisa Dicegah & Disembuhkan?

Lifestyle - Linda Hasibuan, CNBC Indonesia
13 June 2022 10:40
Justin Bieber accepts the award for artist of the year at the MTV Video Music Awards at Barclays Center on Sunday, Sept. 12, 2021, in New York. (Photo by Charles Sykes/Invision/AP)

Jakarta, CNBC Indonesia - Penyanyi asal Kanada, Justin Bieber, didiagnosis oleh dokter menderita sindrom Ramsay Hunt yang berasal dari virus langka. Hal tersebut menyebabkan wajahnya lumpuh sebagian.

Karena masalah itu, penyanyi pop berusia 28 tahun baru-baru ini mengumumkan bahwa dia menunda jadwal konser yang bertajuk "Justice World Tour" di sejumlah kota.

Dilansir dari berbagai sumber, sindrom Ramsay Hunt adalah kondisi neurologis yang disebabkan oleh virus varisela-zoster (VZZ), virus yang sama yang menyebabkan cacar air pada anak-anak dan herpes zoster pada orang dewasa. Virus ini diyakini dapat bertahan di tubuh penderita seumur hidup. Bahkan setelah Anda sembuh dari cacar air, virus dapat bangkit kembali untuk mengiritasi dan mengakibatkan infeksi saraf di wajah Anda.


Sindrom Ramsay Hunt merupakan komplikasi infeksi laten VVZ yang jarang terjadi. Sindrom ini diperkirakan terjadi sekitar 16 persen dari seluruh kasus paresis fasial unilateral pada anak dan 18 persen pada dewasa.

Mengutip Mayoclinic, ada dua gejala utama sindrom Ramsay Hunt. Pertama ruam merah yang menyakitkan dan lepuh berisi carian dekat area telinga. Kedua, kelumpuhan pada wajah pada sisi telinga yang terinfeksi. Dua gejala itu biasanya sering terjadi.

Selain itu jika anda mengidap Ramsay Hunt, beberapa gejala lainnya yang akan dialami seperti :

1. Sakit Telinga
2. Kehilangan pendengaran
3. Dengung pada dalam kuping atau tinnitus
4. Sulit menutup satu mata
5. Sakit kepala seperti vertigo
6. Hilangnya indra perasa
7. Mulut kering

Apakah sindrom lumpuh wajah sebagian bisa disembuhkan dan dicegah?

"Kebanyakan orang yang memiliki Ramsay Hunt sembuh total, meskipun durasi penyakitnya dapat bervariasi," seperti dijelaskan oleh dr. Michael Ison, profesor penyakit infeksius di Northwestern Feinberg School of Medicine seperti dikutip dari NY Times.

"Beberapa orang, butuh berminggu-minggu, berbulan-bulan," katanya. Namun, dalam kasus yang jarang terjadi, seperti kelumpuhan wajah atau gangguan pendengaran bisa bersifat permanen.

Perawatan untuk Ramsay Hunt biasanya melibatkan penggunaan obat anti-virus ataupun resep steroid serta terapi fisik. 

Adapun untuk mencegahnya bisa menggunakan vaksin cacar air dan vaksin herpes zoster, mengingat sindrom ini disebabkan oleh virus varisela-zoster (VZZ), virus yang sama yang menyebabkan cacar air pada anak-anak dan herpes zoster pada orang dewasa.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Siapin Kocek, Intip Harga Tiket Konser Justin Bieber di GBK


(hsy/hsy)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading