Wow! Gaji Make Up Artist MUA di RI Lebih Besar dari PNS?

Lifestyle - Linda Hasibuan, CNBC Indonesia
30 May 2022 17:35
Make Up Artist Foto: Arina Yulistara

Jakarta, CNBC Indonesia - Dalam beberapa tahun terakhir, profesi makeup artist (MUA) makin bersinar. Skill di bidang make up juga banyak dicari, tak hanya untuk momen pernikahan, tapi juga pemotretan untuk produk, workshop, hingga kebutuhan produksi konten. 

Karena alasan ini, tidaklah heran bila profesi cukup menjanjikan dan disebut memiliki penghasilan melebihi gaji Pegawai Negeri Sipil (PNS). Lantas seberapa menjanjikan profesi MUA ini?

Pada umumnya, jasa seorang MUA tidak bisa dianggap remeh. Semakin mahir keahlian dan semakin bagus reputasi yang dimiliki, MUA bisa mamasang tarif yang sangat tinggi. Ingat, tarif yang dipasang MUA itu jasa merias aja, belum honor yang didapatkan saat menjadi narasumber atau pengisi workshop.


1. Gaji Make Up Artist (MUA) Biasa

Rata-rata, gaji seorang make up artist ini berkisar 3 juta hingga 5 juta, tergantung pada kompetensi yang dimiliki oleh sang penata rias. Profesi ini memang sangat mengedepankan kreativitas pekerjanya. Bagi Anda yang baru memulai menjadi seorang MUA, Anda bisa menentukan tarif awal Rp200-250 ribu per orang untuk satu acara, misal untuk wisuda atau foto pre-wedding.

Untuk rias acara pernikahan, tarif MUA berkisar dari Rp600 ribu sampai Rp1 juta per orang. Tarif lebih mahal bisa diberlakukan jika Anda telah memiliki nama dan reputasi baik di bidang ini.

2. Gaji Make Up Artist (MUA) Professional

Ada sejumlah MUA terkenal yang belajar secara otodidak. Memang, untuk menjalani profesi ini, Anda tidak memerlukan kualifikasi pendidikan khusus, meski demikian Anda wajib memiliki pengetahuan dan keterampilan di bidang kecantikan, antara lain pengetahuan tentang penggunaan alat kecantikan, tipe dan jenis kulit wajah, rias wajah, kreatif, dan pengetahuan tentang berbagai bahan yang baik untuk make up berdasarkan jenis kulit.

Anda juga perlu memiliki soft skill berupa kemampuan komunikasi dan manajerial yang baik agar klien puas terhadap kerja Anda. Kemampuan ini sangat dibutuhkan apalagi untuk berkarir sebagai MUA profesional yang bergaji besar.

Salah satu MUA ternama langganan para selebriti adalah Bubah Alfian. Karier Bubah sebagai MUA semakin menanjak di era sosial media. Ia memulai tarif make up dari Rp50 ribu per event hingga kini dibayar Rp8 juta untuk event biasa dan Rp15 juta bahkan lebih untuk pengantin sekali poles.

Perias profesional lainnya yakni Bennu Sorumba. Ia juga merupakan salah satu MUA dengan bayaran termahal. Benny yang mengawali karirnya sebagai asisten MUA kini justru menjadi seorang MUA profesional dengan bayaran mencapai Rp20 juta untuk satu event. Bayangkan jika dalam sebulan dia merias 4-6 pengantin. 


[Gambas:Video CNBC]

(hsy/hsy)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Artikel Terkait
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading