Jangan Syok! Segini Biaya Hidup Tinggal di Dubai, Tertarik?

Lifestyle - Linda Hasibuan, CNBC Indonesia
30 May 2022 10:00
Suasana Dubai ditengah pandemi Covid-19. (AP/Kamran Jebreili)

Jakarta, CNBC Indonesia - Dubai di Uni Emirat Arab (UEA) merupakan salah satu kota tujuan liburan favorit bagi para orang kaya dunia. Kota ini dipenuhi gedung-gedung pencakar langit, pesisir pantai yang indah, hingga suasana kota modern yang membuat masyarakat dunia tertarik untuk berkunjung hingga hidup di sana.

Tidak hanya itu, Dubai pun tidak memungut pajak penghasilan (PPh) kepada warganya. Kota metropolitan ini juga punya tingkat kriminalitas yang sangat rendah karena ketatnya peraturan hukum di UEA. Namun, melihat kemewahan Dubai mungkin membuat orang bertanya-tanya mengenai berapa sebenarnya biaya hidup di Dubai.

Vila-vila di pelepah Jumeirah Palm Island di Dubai, Uni Emirat Arab, terlihat dari dek observasi The View at The Palm Jumeirah (6/4/2021). (AP Photo/Kamran Jebreili)Foto: Vila-vila di pelepah Jumeirah Palm Island di Dubai, Uni Emirat Arab, terlihat dari dek observasi The View at The Palm Jumeirah (6/4/2021). (AP Photo/Kamran Jebreili)
Vila-vila di pelepah Jumeirah Palm Island di Dubai, Uni Emirat Arab, terlihat dari dek observasi The View at The Palm Jumeirah (6/4/2021). (AP Photo/Kamran Jebreili)

Menurut situs penampungan data biaya hidup Numbeo, biaya hidup di Dubai per bulan mencapai 3.426,90 dirham Emirat Arab atau setara Rp13,5 juta per bulan untuk satu orang tanpa biaya sewa properti atau tempat tinggal dan 11.824 dirham atau sekitar Rp47 juta per bulan untuk keluarga empat orang tanpa biaya sewa properti.


Biaya hidup itu dirinci mulai dari biaya makan, kebutuhan hidup sehari-hari, transportasi, listrik, air, perbelanjaan sandang, dan hiburan.

Untuk tempat tinggal atau sewa properti, harga yang dicantumkan dalam situs itu cukup bervariasi. Yang termurah yakni tempat tinggal satu kamar di pinggiran kota, dengan biaya 3.700 dirham atau setara Rp14,5 juta per bulan dan yang termahal adalah apartemen 3 kamar di dalam kota dengan biaya 10.700 dirham atau Rp42 juta per bulan.

Dengan biaya hidup ini, Dubai menempati urutan pertama kota termahal di Timur Tengah dan nomor 23 di dunia.

Lebih lanjut, website ini juga membandingkan biaya hidup di Dubai dengan di Jakarta. Biaya hidup di Dubai tanpa sewa properti per bulannya dikatakan 54% lebih mahal dibandingkan Jakarta dan biaya sewa properti di Dubai 192% lebih mahal dibandingkan Jakarta.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

6 Aturan Aneh di Dubai yang Bisa Bikin Turis Kena Denda


(hsy/hsy)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading