Berapa Gaji Dokter Gigi? Sekolah Mahal Tapi Cepat Balik Modal

Lifestyle - Linda Hasibuan, CNBC Indonesia
26 May 2022 15:40
Ilustrasi dokter gigi. Freepik

Jakarta, CNBC Indonesia - Tidak bisa diungkiri, menjadi seorang dokter adalah impian banyak orang. Tidak hanya dipandang profesi yang mulia, akan tetapi menjadi seorang dokter gaji nya pun sangatlah besar.

Sebagai contohnya adalah gaji dokter gigi, yang di mana profesi dokter gigi dianggap sebagai investasi jangka panjang. Sebab kesehatan gigi dan mulut sangatlah penting bahkan mempengaruhi metabolisme tubuh satu sama lain.

Setelah memperoleh gelar sarjana kedokteran gigi, para calon dokter tersebut nantinya dipersiapkan untuk mengikuti rangkaian penelitian maupun praktik langsung.


Dengan biaya sekolah yang dikenal sangat tinggi dan memiliki peralatan canggih, lantas berapakah gaji dokter gigi di Indonesia secara umum?

Pada dasarnya gaji dokter gigi berdasarkan tempat praktiknya. Dilansir dari situs pencari kerja id.indeed.com, rentang rata-rata gaji dokter gigi di Indonesia berada di angka Rp10,8 juta per bulan.

Sementara, masing-masing gaji dan penempatan kerja juga disesuaikan satu sama lain dengan rincian sebagai berikut.

1. Dokter Gigi Puskesmas

Menjadi fasilitas kesehatan masyarakat umum, namun gaji dokter gigi di tempat ini tergolong cukup menjanjikan.

Umumnya, dokter gigi di Puskesmas akan memperoleh upah mulai Rp4 juta hingga Rp7 juta per bulan.

Adapun, dokter gigi Puskesmas umumnya merupakan lulusan fresh graduate yang baru saja memperoleh sumpah dokter gigi.

2. Gaji Dokter Gigi PNS

Khusus gaji dokter gigi PNS disetarakan dengan gaji dokter PNS lainnya yang bekerja di fasilitas kesehatan daerah, khususnya RSUD maupun Rumah Sakit Pusat.

Perhitungan untuk dokter gigi PNS disetarakan dengan golongan PNS sesuai aturan ASN.

Golongan dokter tersebut yang dimulai dari golongan III-B yakni Dokter Pertama, Dokter Muda, Dokter Madya, Dokter Utama.

Dokter PNS juga tidak hanya memperoleh honor sebagai dokter saja, melainkan juga hak yang melekat selama bertugas di rumah sakit.

3. Gaji Dokter Gigi Klinik

Seorang dokter gigi yang bekerja di klinik akan memperoleh penghasilan sesuai dengan masuknya jam kerja (uang duduk).

Dalam satu hari kerja ia bisa memperoleh Rp250,000 sampai Rp500,000 per pasien untuk satu kali pertemuan dengan sistem kerja enam hari.

Nominal upah ini juga disesuaikan dengan besar kecilnya klinik tempat dokter tersebut bekerja, semakin besar namanya maka upahnya juga semakin besar.

Sementara, apabila dokter tersebut bekerja di klinik BPJS Kesehatan maka memperoleh penghasilan sesuai banyaknya jumlah pasien.

Khusus pasien umum, mereka memperoleh bagi hasil 40% dan klinik memperoleh hak sebanyak 60%.

Untuk pasien BPJS Kesehatan dokter akan memperoleh nominal Rp5,000 sampai dengan Rp15 ribu per pasien.

4. Gaji Dokter Gigi Rumah Sakit Swasta

Umumnya rumah sakit akan memberikan gaji pokok, jasa medis, uang kehadiran atau duduk para dokter. Namun ada juga yang tidak memberikan gaji pokok dan tergantung dari besaran rumah sakit tersebut.

Adapun, menurut Kementerian Kesehatan gaji dokter gigi memiliki besaran rentang mulai Rp12 juta untuk umum hingga Rp30 juta per bulan untuk spesialis.

5. Dokter Gigi Mandiri

Penghasilan maupun gaji dokter gigi mandiri secara umum memang tidak pasti bahkan terus mengalami penyesuaian. Meski demikian, apabila sudah memiliki pelanggan tetap bahkan sudah terkenal gaji dokter gigi mandiri sangatlah tinggi.

Alih-alih memperoleh penghasilan per hari, dokter gigi mandiri bahkan bisa memperoleh penghasilan per jam dengan nominal yakni mulai Rp1,5 juta sampai Rp3 juta untuk setiap tindakan medis.

Dapat dikatakan jika penghasilan dokter gigi tergolong sangat menjanjikan dalam jangka panjang. Meski memiliki biaya sekolah tinggi, namun dokter gigi memiliki penghasilan balik modal dengan teknologi tinggi.


[Gambas:Video CNBC]

(pgr/pgr)
Terpopuler
    spinner loading
Artikel Terkait
Features
    spinner loading