Jangan Diremehkan, 5 Kebiasaan Ini Bisa Merusak Otak

Lifestyle - Tim Redaksi, CNBC Indonesia
23 May 2022 17:55
A man with headphones looks at his mobile phine at the IFA consumer electronics fair in Berlin, Germany, September 4, 2019. REUTERS/Hannibal Hanschke

Jakarta, CNBC Indonesia - Otak merupakan salah satu organ penting dalam tubuh yang wajib dijaga agar tetap berfungsi optimal. Namun sayangnya, banyak yang tidak sadar bahwa ada sejumlah kebiasaan buruk sehari-hari yang bisa mengganggu jaringan di otak. Apa saja?

1. Menggunakan headphone dengan volume keras


Pakar Charles Patrick Davis, MD, dan PhD dalam On Health mengungkapkan bahwa gangguan pendengaran akibat mendengarkan musik dengan volume keras berkaitan dengan kerusakan otak.

Sebab, otak harus bekerja lebih keras untuk memproses apa yang dikatakan dan tidak dapat mengingat apa yang didengarnya. Oleh karena itu, hindari menaikkan volume di atas volume maksimum 60%.

2. Malas gerak

Malas beraktivitas juga ternyata bisa merusak otak. Semakin lama tidak berolahraga, semakin besar kemungkinan seseorang terkena demensia alzheimer.

Selain itu, ada beberapa risiko lain yang mengintai, diantaranya penyakit jantung, diabetes, dan tekanan darah tinggi, dimana semuanya berhubungan dengan penyakit demensia alzheimer.

3. Menghabiskan terlalu lama waktu di depan layar


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Kondisi Terburuk Ini Bisa Kamu Alami Saat Positif Omicron


(hsy/hsy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading