Cara Mengusir Kecoa Secara Alami, Praktis dan Ampuh

Lifestyle - Tim Redaksi, CNBC Indonesia
19 May 2022 17:20
Ilustrasi kecoa (NurPhoto via Getty Images/NurPhoto)

Jakarta, CNBC Indonesia - Kecoa merupakan hama yang seringkali masuk ke rumah. Selain membawa penyakit, serangga satu ini sering dikaitkan dengan hal menjijikkan karena kerap berada di lingkungan yang kotor.

Kecoa bisa memakan makanan, merusak lapisan kertas dinding, buku, hingga barang elektronik. Serangga ini bisa mengotori makanan, perabotan rumah tangga, dan mengganggu aktivitas keseharian Anda. 

Namun, Anda tidak perlu panik lagi jika menemukan kecoa di dalam rumah. Ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mengusir kecoa dengan bahan alami dan mudah didapatkan.


Cara Mengusir Kecoa Secara Alami, Praktis, dan Ampuh

Dengan menggunakan bahan-bahan alami yang mudah didapatkan, ada beberapa cara yang dapat Anda coba untuk mengusir kecoa. Berikut ini beragam cara mengusir kecoa secara alami dan mudah:

1. Aroma Daun Salam

Daun salam merupakan daun rempah dengan aroma yang sangat wangi. Itulah mengapa daun salam alias bay leaf kerap dijadikan sebagai campuran berbagai bumbu dasar masakan yang sedap.

Di sisi lain, ternyata kecoa juga sangat membenci aroma dari daun salam ini. Maka dari itu, Anda bisa menggunakannya untuk mengusir kecoa dari rumah.

Caranya cukup mudah, yaitu Anda hanya mengambil daun salam yang sudah kering, lalu remukkan dan tebarkan di sarang kecoa. Jangan lupa juga untuk menempatkan daun salam di area yang kerap dilalui kecoa.

2. Asam Borat

Cara selanjutnya untuk mengusir kecoa yaitu juga bisa menggunakan asam borat. Semprotan asam borat bisa dibeli di toko atau beli secara online. Bahan ini merupakan salah satu bahan terbaik untuk mengusir serangga, seperti kecoa, semut, dan lainnya yang dapat mengganggu Anda.

Caranya yaitu Anda cukup menyemprotkan asam borat ke kecoa. Tetapi, perlu diingat bahwa penggunaan asam borat tidak efektif di lingkungan yang basah. Anda bisa juga dengan menaburkan bubuk asam borat ke sarang kecoa. Bubuk asam borat akan menempel di antena, kaki, dan tubuh kecoa ketika dicerna. Hal ini akan menyebabkan kematian bagi kecoa. Perlu ditekankan, jauhkan asam borat dari jangkauan anak-anak dan hewan peliharaan.

3. Timun

Selain untuk mengusir semut, timun ternyata juga efektif untuk mengusir kecoa. Cara menggunakannya cukup sederhana, yaitu Anda cukup menyiapkan irisan mentimun, terutama yang pahit, sehingga dapat bekerja lebih baik. Lalu potong mentimun menjadi irisan-irisan kecil dan letakkan di titik masuk serangga yang mungkin ada di dapur.

Alternatif lainnya yaitu Anda cukup meletakkan potongan ketimun yang ada di dalam kaleng aluminium kosong yang sudah dibersihkan. Aroma dari timun tersebut bisa mengusir dan membunuh semut dan kecoa.

4. Soda Kue dan Gula

Campuran sederhana ini ternyata efektif untuk membasmi kecoa. Bahan-bahan yang perlu Anda siapkan sangat mudah, diantaranya:

  • Bubuk soda kue

  • Gula

  • Cangkir atau mangkok

Kemudian, campur soda kue dan gula dengan porsi bagian yang sama. Lalu taburkan di area di mana kecoa muncul, bisa juga di sarang kecoa jika terlihat dan dapat dijangkau.

Perlu dipahami, bahwa soda kue memang tidak beracun seperti asam borat. Tetapi, jika sudah bercampur dengan asam lambung kecoa, maka kecoa akan mati secara perlahan. Cara ini cukup mudah, praktis, ampuh, dan dapat dilakukan di mana saja.

5. Aroma Bubuk Kopi Segar

Selain memiliki rasa yang enak, ternyata bubuk kopi juga memiliki aroma yang wangi dan menyengat. Bagi Anda yang suka minum kopi bisa memanfaatkan cara ini untuk mengusir kecoa.

Caranya mudah, yaitu cukup menaburkan kopi bubuk di ruangan seperti dapur, kamar mandi, atau area lainnya yang sering dilewati kecoa. Perlu ditekankan, bahwa kopi yang digunakan yaitu bubuk kopi hitam, bukan kopi yang telah bercampur gula, susu, maupun krimer.

6. Perasan Jeruk Lemon

Ilustrasi air lemon. (Dok: Istimewa)Foto: Ilustrasi air lemon. (Dok: Istimewa)
Ilustrasi air lemon. (Dok: Istimewa)

Selain enak diminum, jeruk lemon juga sangat ampuh untuk membersihkan berbagai macam kotoran dari alat makan dan masak. Tidak hanya itu, lemon juga bisa digunakan sebagai salah satu cara mengusir kecoa di rumah.

Lemon memiliki kandungan pathogenic alias anti bakteri. Itu mengapa, Anda bisa mencampurkan perasan lemon ke dalam air untuk mengepel lantai rumah maupun membersihkan peralatan makan. 

7. Minyak Esensial dengan Aroma Tumbuhan

Minyak esensial biasa digunakan untuk menciptakan suasana yang rileks. Selain itu, banyak juga orang yang menggunakan minyak ini untuk menyembuhkan penyakit ringan. Namun ternyata, beberapa aroma minyak esensial bisa Anda jadikan sebagai cara untuk melawan hama kecoa di rumah, seperti aroma tea tree, cajuput alias kayu putih, peppermint, dan lavender. Karena kecoa sangat tertarik dengan aroma makanan, Anda bisa mengelabui penciuman mereka dengan menggunakan wewangian tadi.

Anda bisa menaruh beberapa tetes minyak ini pada diffuser dan menempatkannya di area dapur. Di sisi lain, kecoa juga bisa cepat mati jika terkena minyak ini secara langsung.

Caranya pun cukup mudah, yaitu Anda bisa menyiapkan mangkuk dan tuangkan air secukupnya, lalu masukkan 10 tetes minyak esensial aromatik ke dalamnya, kemudian celupkan beberapa potong bola kapas di dalam mangkok dan biarkan meresap, kemudian letakkan kapas tersebut di sekitar area yang sering dilewati kecoa.

8. Larutan Pelembut Kain

Cara ini bisa dibilang menjadi salah satu cara paling mudah yang bisa dilakukan dengan sedikit usaha. Anda bisa mengusir kecoa menggunakan semprotan pelembut kain yang dicampur dengan air. Nah, bahan yang dibutuhkan yaitu cukup pelembut kain, air, dan botol semprotan. 

Cara membuatnya yaitu Anda bisa mencampurkan pelembut kain dan air dengan porsi 3 bagian untuk pelembut kain dan 2 bagian untuk air. Kemudian masukkan ke botol semprotan. Campuran ini akan menghasilkan larutan yang sedikit kental. Semprotkan larutan ini jika Anda melihat kecoa. Kecoa bernapas melalui kulit, semprotan pelembut kain ini akan mencekik kecoa dan membunuhnya.

9. Air Batang Serai

Anda juga bisa menggunakan air serai untuk mengusir kecoa di rumah. Caranya yaitu dengan merebus serai hingga pangkalnya dan buang bagian akarnya, lalu rebus hingga rebusan tersebut mengeluarkan aroma wangi atau sampai air terlihat sedikit menyusut. Kemudian diamkan air rebusan tersebut sebentar hingga dingin dan masukkan ke dalam botol semprot. Anda bisa menyemprotkan air rebusan tersebut di bagian-bagian yang sering tempat berjalannya kecoa dan celah-celah kecil di sekitar rumah.

10. Daun Sirsak

Cara menggunakan daun sirsak untuk mengusir kecoa yaitu dengan mengeringkan terlebih dahulu lalu tumbuk hingga hancur. Selanjutnya, masukkan daun sirsak yang telah ditumbuk tadi ke dalam wadah khusus yang bisa digantung di sekitar rumah.

Hasil tumbukan tersebut akan mengeluarkan aroma yang bisa menghilangkan kecoa di rumah. Bahkan cara ini juga ampuh untuk mengusir serangga.

11. Bunga Melati

Bunga melati yang masih segar ternyata ampuh mengusir kecoa di rumah. Hal ini dikarenakan kecoa sangat membenci aroma harum dari bunga melati.

Cara membasmi kecoa menggunakan melati yaitu dengan menaburkan kelopak bunga melati di seluruh bagian-bagian sudut rumah yang memungkinkan tempat kecoa tinggal atau lewat.

Konon katanya, kecoa bisa masuk melalui lubang atau celah yang sangat kecil untuk tinggal dan berkembang biak. Jadi, taburkan kelopak bunga melati yang segar tadi termasuk di bagian paling kecil di celah-celah rumah.

Cara Mudah Mengusir Kecoa dengan Bahan Rumahan 

Selain bahan-bahan alami di atas, Anda juga bisa memakai bahan lainnya yang bisa didapatkan dengan mudah untuk mengusir kecoa di rumah. Bahan-bahan ini tidaklah berbahaya jika digunakan dengan benar dan mudah untuk digunakan.

Berikut ini cara mengusir kecoa dengan bahan rumahan yang mudah:

1. Campuran Sabun Mandi dan Air

Ada beberapa bahan murah meriah untuk mengusir serangan ini, salah satunya yaitu larutan sabun mandi atau sabun cuci dengan air. Jadi Anda juga bisa meninggalkan insektisida berbahan kimia dan beralih ke bahan-bahan sederhana yang ramah lingkungan.

Cara membuatnya yaitu buat larutan hingga benar-benar encer, lalu masukkan ke dalam botol semprot. Cara menggunakannya yaitu dengan menyemprotkan larutan tersebut ke dalam tempat yang mungkin sebagai sarang kecoa.

Anda juga bisa langsung menyemprotkan larutan tersebut ke tubuh kecoa, terutama bagian kepala dan perut, yang tengah lewat. Larutan tersebut berfungsi untuk menutup pori tempat bernafasnya kecoa sehingga hama tersebut akan mati dan mudah dibuang keluar rumah.

2. Campuran Gula Pasir, Boraks dan Silica Gel

Gula pasir juga bisa menjadi salah satu cara mengusir kecoa dari rumah. Namun, gula hanya sebagai umpan saja. Anda harus mencampurkan gula dengan bahan tambahan seperti boraks, soda kue, maupun butiran silica gel yang bersifat racun untuk kecoa.

Cara membuatnya yaitu dengan menyiapkan 1 sendok makan gula dan 3 sendok bahan tambahan, kemudian campurkan kedua bahan tersebut di dalam wadah, dan taburkan campuran gula dan boraks di sarang kecoa.

Pastikan tidak menggunakan wadah dan pengaduk tersebut lagi karena sudah terkontaminasi racun. Agar tidak melukai tubuh, jangan lupa untuk menggunakan sarung tangan saat menyebarkan campuran ke sarang.

3. Larutan Obat Kumur

Anda bisa menggunakan obat kumur sebagai semprotan insektisida. Cukup dicampurkan dengan air di dalam botol semprotan, lalu cairan ini pun siap untuk digunakan. Selain kecoa, Anda juga bisa menggunakan semprotan berbahan obat kumur ini untuk mengusir serangga lain di rumah.

4. Kapur Barus

Bukan rahasia umum lagi kalau kapur barus sangat ampuh untuk mengusir kecoa dari tempat-tempat di rumah. Anda cukup membeli beberapa bungkus kapur barus dan menyebarkannya di tempat yang banyak kecoa.

Terkadang, kecoa suka menyusupi lemari baju, lemari penyimpanan pakaian, alat makanan dan memasak, serta rak buku. Tempatkan saja beberapa butir kapur barus dan ganti bisa semuanya sudah menguap.

5. Petroleum Jelly

Jenis pelembab ini umumnya digunakan untuk merawat bagian tubuh yang kering atau bagian tubuh yang terkena luka bakar. Anda ternyata juga bisa menggunakan jenis pelembab ini untuk mengusir kecoa di rumah.

Bahan-bahan yang perlu Anda butuhkan yaitu cukup 2 sendok makan petroleum jelly, 1 sendok makan gula, dan karton bekas sereal atau lainnya yang sudah tidak terpakai. 

Caranya yaitu cukup campurkan petroleum jelly dan gula, lalu oleskan campuran tersebut pada permukaan karton, dan letakkan karton tersebut di bagian rumah yang kerap dilewati kecoa.

Cara Mengusir Kecoa di Kamar Mandi Secara Praktis

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, kecoa bisa bertahan hidup hanya dengan air. Bukan tidak mungkin jika mereka membuat sarang di kamar mandi, terutama di dalam saluran air. Nah, agar tidak ada kecoa dewasa yang menyebar di rumah, Anda bisa mengikuti cara ini.

Berikut ini cara mengusir sarang kecoa di kamar mandi secara praktis berikut ini:

  1. Pastikan tidak ada sampah yang tertinggal di kamar mandi

  2. Mencuci alas atau keset kamar mandi hingga bersih dan memastikannya selalu kering

  3. Membersihkan lantai kamar mandi menggunakan karbol hingga sela-sela dinding dan mengeringkannya dengan baik

  4. Membersihkan dinding kamar mandi menggunakan pembersih khusus atau pasta gigi hingga kotorannya menghilang

  5. Menutup nat kamar mandi menggunakan semen agar tidak ada kecoa yang masuk dan keluar dari sela-sela lantai dan dinding

  6. Rutin membersihkan toilet menggunakan desinfektan atau karbol dan jangan lupa untuk menyekat sela-selanya dikarenakan bukan tidak mungkin kecoa meninggalkan telurnya di sana

  7. Menyalakan kipas blower di kamar mandi jika ada saat menggunakan air panas agar tidak terjadi kondensasi

  8. Menutup saluran lubang air menggunakan batu bata besar ketika kamar mandi sedang tidak digunakan. Hal ini bisa mencegah kecoa masuk dari saluran tersebut

  9. Terakhir, jangan lupa untuk menutup sabun dan sikat gigi agar tidak dihinggapi kecoa

Cara Mengusir Kecoa di Rumah dengan Mudah

Berikut ini cara-cara lainnya untuk mengusir kecoa di rumah dengan mudah dan pastinya dijamin ampuh membasmi kecoa di rumah Anda.

Berikut ini cara-caranya:

1. Membuat Perangkap Simpel untuk Menangkap Kecoa

Cara mengusir kecoa paling mudah yaitu dengan menggunakan alat perangkap yang biasa dijual di pasaran. Bentuk perangkap ini biasanya berupa lembaran kertas tebal yang telah dilapisi lem dan ditaburi remah-remah makanan.

Selain menggunakan perangkap tersebut, Anda juga bisa membuatnya sendiri dengan bahan-bahan yang mudah. Opsi pertama yaitu dengan menggunakan toples bekas dengan tutup yang dibiarkan terbuka. Kemudian isi dengan air lalu taruh bahan makanan di dalamnya dan tempatkan toples di dekat dinding. Kecoa yang berkeliaran di sekitar sana akan masuk dan dijamin tidak bisa keluar. Jebakan kedua yaitu dengan menggunakan botol plastik bekas yang dipotong dua layaknya membuat perangkap nyamuk.

2. Jangan Biarkan Air Menetes

Tidak mendapat stok makanan selama satu bulan bagi kecoa bukan masalah besar. Namun jika tidak mendapatkan minum, itu yang akan membahayakan nyawa mereka.

Saat tidak mendapatkan asupan air selama satu minggu, kecoa akan cepat mati. Maka dari itu, jangan biarkan ada genangan di area cuci piring, lantai, maupun meja. Cek juga saluran pembuangan dan keran air. Bila terjadi kebocoran, segera perbaiki agar tidak ada yang menetes dan menjadi sumber minum mereka.

3. Membuang Sampah Dapur Secara Rutin

Agar aroma sampah makanan tidak mengundang datangnya kecoa di dapur, sebaiknya gunakan tempat sampah yang berpenutup. Selain itu, jangan menumpukkan sampah terlalu lama dan buang secara rutin dari dapur.

4. Tanah Diatom

Tanah diatom merupakan sejenis batu sedimen silika yang terbentuk dari cangkang diatom. Diatom sendiri merupakan jenis alga dan dapat ditemukan di plankton yang telah berbentuk fosil. Bahan ini ternyata sangat ampuh untuk mengusir berbagai macam hewan, termasuk kecoa. Anda cukup menaburinya di area yang selalu dilewati kecoa, makan kecoa pun tidak akan datang lagi.

Cara Agar Kecoa Tidak Datang Datang ke Rumah Lagi

Anda tentu tidak ingin hidup dan berbagi dengan kecoa di bawah satu atap. Namun, bagaimana caranya agar kecoa benar-benar tidak datang ke rumah lagi setelah berbagai cara yang sudah dilakukan untuk mengusirnya?

Nah, ada 4 cara pencegahan yang dapat Anda lakukan agar kecoa tidak masuk kembali ke rumah Anda, di antaranya:

1. Menghilangkan Sumber Makanan Kecoa

Kecoa merupakan pengumpan oportunistik, yang berarti kecoa akan mengambil dan memakan apapun yang tersedia untuk mereka. Secara umum setiap jenis kecoa memiliki kesukaan terhadap beberapa jenis makanan, ini termasuk makanan yang mengandung gula, berbahan dasar tepung, dan makanan dengan nilai gizi yang tinggi.

Mereka menikmati makanan lezat yang dimakan manusia serta berbagai rasa yang sama dengan manusia. Karena itu, kecoa kerap ditemukan khususnya di tempat-tempat di mana manusia biasa meletakkan dan mengolah makanan, seperti di dapur atau ruang makan keluarga.

Anda bisa menyingkirkan sisa-sisa makanan yang ada. Segera bersihkan semua sisa atau remah makanan, minyak bekas masak, dan tumpahan minuman manis di lantai serta meja dapur dan meja makan. Kecoa cukup membutuhkan sedikit makanan untuk bisa merasakan kenyang.

Kecoa bisa mencium bau makanan yang kuat, sehingga dengan menyimpan makanan ke dalam wadah yang tertutup juga bisa mengurangi daya tarik bagi mereka untuk menuju makanan Anda. Terakhir, jangan sekali-sekali meninggalkan makanan terbuka di dapur Anda. Hal itu dikarenakan akan menjadi godaan besar bagi kecoa untuk datang dan menyebarkan penyakit dengan mencemari makanan tersebut.

2. Menutup Semua Titik Masuk Kecoa

Kecoa juga cukup jago memasuki celah-celah dan retakan terkecil yang ada pada struktur bangunan rumah Anda. Bentuk tubuh kecoa memungkinkan mereka untuk masuk melalui celah dan retakan terkecil hingga seperempat dari tinggi tubuh mereka dengan meratakan exoskeleton dan melebarkan kaki mereka ke samping. Oleh karena itu, bukan suatu masalah besar bagi kecoa untuk menyelinap dan menemukan sumber makanan, air, serta tempat bersarang di rumah Anda.

Anda bisa menutup retakan dan celah pada dinding dengan semen atau sealant, lalu pastikan semua jendela atau pintu tertutup dengan rapat, tutup setiap lubang di sekitar pipa ledeng atau saluran air, dan pastikan jika saluran pembuangan lantai berfungsi dengan baik.

3. Menjaga Rumah tetap kering

Kelembaban merupakan salah satu daya tarik utama bagi kecoa untuk datang ke rumah Anda. Kecoa mampu mendeteksi dengan baik kelembaban serta sumber air yang berasal dari rumah Anda. Mereka juga lebih menyukai untuk bersarang dan bertelur di tempat-tempat yang lembab, basah, dan gelap.

4. Membuang Semua Barang Bekas yang Menumpuk di Rumah

Terakhir, yaitu jika Anda memiliki banyak barang bekas yang menumpuk di rumah, jangan heran jika akan lebih banyak kecoa yang bersembunyi di dalam atau di antara tumpukan-tumpukan barang bekas tersebut. Selain hanya untuk membuat rumah jadi lebih banyak debu, tumpukan barang bekas juga hanya akan menjadi tempat persembunyian yang sangat disukai oleh kecoa karena jarang tersentuh oleh manusia.

Dengan memastikan tidak ada tumpukan barang bekas yang sudah tidak diperlukan lagi, maka tentunya bisa membantu Anda dalam menghapus semua tempat yang berpotensi menjadi area tempat persembunyian dan perkembangbiakan kecoa di dalam rumah.


[Gambas:Video CNBC]

(hsy/hsy)
Terpopuler
    spinner loading
Artikel Terkait
Features
    spinner loading