6 Artis yang Dapat Gelar Doktor Kehormatan dari Kampus Top

Lifestyle - Tim Redaksi, CNBC Indonesia
19 May 2022 14:05
Taylor Swift menghadiri upacara kelulusan NYU di Yankee Stadium di New York. (REUTERS/SHANNON STAPLETON) Foto: Taylor Swift menghadiri upacara kelulusan NYU di Yankee Stadium di New York. (REUTERS/SHANNON STAPLETON)

Jakarta, CNBC Indonesia - Penyanyi Taylor Swift baru-baru ini dianugerahi gelar doktor kehormatan dari New York University di Amerika Serikat. Penyanyi berbakat yang telah meraih banyak penghargaan musik bergengsi itu mendapat gelar "honorary doctorate of fine arts".

Gelar kehormatan seperti itu biasanya diberikan pada tokoh yang dianggap memiliki jasa atau pengaruh besar di bidang tertentu. Gelar doktor kehormatan bisa diberikan meski penerima gelar tidak pernah menempuh studi tingkat tinggi apapun. 

Namun, Taylor Swift ternyata bukan artis pertama yang menerima gelar doktor kehormatan. Sebelumnya, sejumlah selebriti papan atas juga pernah menerima gelar serupa. Siapa saja mereka?

1. Oprah Winfrey

Oprah WinfreyFoto: Reuters
Oprah Winfrey

Oprah Winfrey adalah penerima bukan hanya satu, tapi beberapa gelar doktor kehormatan dari berbagai institusi, termasuk Ivy Leagues dan universitas internasional.

Ia dianugerahi gelar kehormatan Doctor of Fine Arts dari Princeton University pada 2002, gelar kehormatan Doctor of Humane Letters dari Duke University pada 2009, dan gelar kehormatan Doctor of Laws dari Harvard University pada 2013.

Bintang talk show ini juga menerima gelar doktor kehormatan dari University of the Free State di Afrika Selatan pada 2011 atas jasanya terhadap pendidikan di negara tersebut.

2. Meryl Streep

Aktris senior Meryl Streep adalah penerima beberapa gelar doktor kehormatan, beberapa di antaranya berasal dari universitas top di Amerika Serikay yang berstatus Ivy League. Dia lulus dari Universitas Yale pada tahun 1975, dan kemudian dianugerahi gelar kehormatan Doctor of Fine Arts dari institusi tersebut pada tahun 1983.

Aktris ini juga menerima gelar doktor kehormatan dari Universitas Dartmouth, Universitas Princeton pada 2009, Universitas Harvard pada 2010, dan Universitas Indiana pada 2014.

3. Muhammad Ali

Petinju legendaris Muhammad Ali dianugerahi gelar doktor kehormatan dari Mount Ida College pada 1994, Columbia University pada 1999, dan Muhlenberg College pada 2009. Ia juga menerima gelar kehormatan Doctor of Humanities dari Princeton University pada 2007.

4. Ed Sheeran

FILE PHOTO: Ed Sheeran performs at the Brit Awards at the O2 Arena in London, Britain, February 21, 2018. REUTERS/Hannah McKay/File PhotoFoto: REUTERS/Hannah McKay
FILE PHOTO: Ed Sheeran performs at the Brit Awards at the O2 Arena in London, Britain, February 21, 2018. REUTERS/Hannah McKay/File Photo

Ed Sheeran menerima gelar doktor kehormatan untuk "kontribusinya yang luar biasa di bidang musik" dari University Campus Suffolk di Ipswich, Inggris, pada 2015. Ed Sheeran menerima gelar tersebut secara langsung, di mana ia mengenakan gaun warna-warni dan topi tradisional - dipasangkan dengan sepatu Converse. 

Penyanyi yang meninggalkan bangku sekolah pada usia 16 untuk mengejar karir musiknya ini berbagi kegembiraannya di Instagram. Ed Sheeran menulis, "Saya lulus hari ini, saya sekarang resmi menjadi Dr. Sheeran."

5. Celine Dion

Céline Dion menerima gelar kehormatan Doctor in Music pertamanya dari Laval University di Quebec, Kanada pada tahun 2008.

Penyanyi itu dianugerahi gelar kehormatan Doctor of Music dari Berklee College of Music pada Mei 2021, bersama Pharrell Williams dan Chad Hugo dari The Neptunes.

6. Kanye West

Setelah putus kuliah pada usia 20 untuk mengejar karir musik (yang kemudian dia rujuk dalam album debutnya yang berjudul The College Dropout), Kanye West dianugerahi gelar doktor kehormatan dari School of the Art Institute of Chicago pada tahun 2015.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Khotbahnya Dimasukkan ke Lagu, Pendeta Ini Gugat Kanye West


(hsy/hsy)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading