Delegasi DEWG G20 Disuguhi Pembuatan Wayang Kulit

Lifestyle - Eqqi Syahputra, CNBC Indonesia
17 May 2022 15:20
Suguhan proses pembuatan wayang kulit di lokasi penyelenggaraan sidang di Hotel Tentrem, Kota Yogyakarta, Selasa (17/5/2022). Ist

Jakarta, CNBC Indonesia - Sidang Kedua Kelompok Kerja Ekonomi Digital Group of Twenty atau Digital Economy Working Group (2nd DEWG G20) telah resmi dihelat Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Dalam DEWG G20 ini, para delegasi disuguhi proses pembuatan wayang kulit di lokasi penyelenggaraan sidang di Hotel Tentrem, Kota Yogyakarta.

Ada tiga orang seniman pembuat wayang kulit yang menunjukkan proses pembuatan wayang kulit kepada pengunjung sidang. Salah satu seniman wayang kulit tersebut, Abi, yang berasal dari Kabupaten Bantul, mengharapkan para delegasi 2nd DEWG G20 ini, para tamu dapat menikmati kebudayaan dan keindahan Kota Yogyakarta.

"Yogyakarta ini kaya nilai sejarah dan kesenian termasuk wayang kulit. Semoga pengunjung bisa menikmatinya," ujar Abi dikutip dari siaran pers, Selasa (17/5/2022).


Wayang kulit merupakan pertunjukan drama dengan boneka pipih yang terbuat dari kulit. Wayang kulit dipilih lantaran menjadi salah satu kesenian yang terkenal di seluruh daerah bahkan di luar negeri.

Selain itu, pertunjukan wayang kulit bisa dikatakan sebagai kesenian tradisional yang paripurna karena di dalamnya terkandung seni peran, seni suara, seni musik, seni tutur, seni sastra, seni lukis, seni pahat, dan juga seni perlambang. Setiap boneka dibentuk menjadi karakter pewayangan. Setiap karakter wayang kulit dibuat unik dengan postur dan pakaian khas Indonesia.

Forum DEWG dihadiri oleh 16 negara G20 dan perwakilan Telecommunications Union (ITU) dan Organization for Economic Co-operation dan Development (OECD).

Dalam pertemuan tersebut forum DEWG akan memulai penyusunan rancangan dokumen untuk Deklarasi para Menteri G20 di Bidang Digital. Khususnya untuk isu prioritas pertama Konektivitas Digital Pasca-pandemi Covid-19.

Presidensi G20 Indonesia juga ingin menunjukkan sejumlah inisiatif di sektor ekonomi digital sebagai pendukung pembahasan mengenai substansi selama sidang kedua ini. Inisiatif hadir melalui Wall of Indonesia's Digital Transformation, diprakarsai para anggota DEWG Industry Task Force dari berbagai pelaku industri Indonesia.


[Gambas:Video CNBC]

(rah/rah)
Terpopuler
    spinner loading
Artikel Terkait
Features
    spinner loading