Crazy Rich Dunia Ramai-ramai Beli Properti di Dubai, Kenapa?

Lifestyle - Tim Redaksi, CNBC Indonesia
13 May 2022 16:30
Suasana Dubai ditengah pandemi Covid-19. (AP/Kamran Jebreili)

Jakarta, CNBC Indonesia - Dubai menjadi kota pilihan bagi banyak crazy rich dunia yang ingin memiliki rumah di negara baru. Pada tiga bulan pertama 2022 saja, tercatat ada 30 unit properti senilai US$ 10 juta atau sekitar Rp 145 miliar yang sudah terjual dan dimiliki sejumlah orang asing. 

Jika dibandingkan dengan kondisi di 2021, ada 93 properti senilai US$ 10 juta atau lebih yang dibeli orang asing. "Artinya, tidak ada penurunan permintaan rumah mewah di Dubai dari orang-orang superkaya dunia," kata Faisal Durrani, Kepala Penelitian Timur Tengah di Knight Frank, sebuah perusahaan konsultan asal Inggris, seperti dikutip Gulf News, Jumat (13/5/2022).

Vila-vila di pelepah Jumeirah Palm Island di Dubai, Uni Emirat Arab, terlihat dari dek observasi The View at The Palm Jumeirah (6/4/2021). (AP Photo/Kamran Jebreili)Foto: Vila-vila di pelepah Jumeirah Palm Island di Dubai, Uni Emirat Arab, terlihat dari dek observasi The View at The Palm Jumeirah (6/4/2021). (AP Photo/Kamran Jebreili)
Vila-vila di pelepah Jumeirah Palm Island di Dubai, Uni Emirat Arab, terlihat dari dek observasi The View at The Palm Jumeirah (6/4/2021). (AP Photo/Kamran Jebreili)

Apa yang membuat Dubai dilirik para crazy rich dunia?


"Dubai dilihat sebagai tempat yang relatif aman dan tidak terlalu banyak aturan dibandingkan banyak tempat lain," kata Zhann Jochinke, chief operating officer di Property Monitor. "Inisiatif pemerintah yang bertujuan mendorong lebih banyak investasi dan perusahaan global ke Dubai juga membantu meningkatkan sentimen pada prospek jangka panjang pasar."

Tren pindah ke Dubai dilaporkan telah terjadi sejak awal pandemi. Kota metropolitan di Uni Emirat Arab ini menjadi surga bagi para orang kaya Eropa yang melarikan diri dari lockdown.

Vila-vila mewah adalah segmen yang paling diminati di pasar properti. Banyak pembeli dari Eropa mencari rumah di pulau buatan Palm Jumeirah serta lapangan golf.

Sejak membuka kembali pintu perbatasan untuk turis, Dubai memposisikan dirinya sebagai tempat liburan ramah pandemi di dunia. Tanpa karantina wajib selama berhari-hari, turis asing bisa berpesta di bar Dubai atau bersantai di pantai. 


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Ketegangan dengan Ukraina Buat Harta Crazy Rich Rusia Menguap


(hsy/hsy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading