Makan Nasi Putih Bisa Sebabkan Kolesterol Tinggi, Benarkah?

Lifestyle - Linda Hasibuan, CNBC Indonesia
11 May 2022 10:30
Nasi Kapau (Dok. detikFood)

Jakarta, CNBC Indonesia - Bagi orang Indonesia nasi merupakan makanan pokok. Nasi dikonsumsi tiga kali sehari. Bahkan, tak jarang sebagian orang menganggap belum makan jika belum 'kena' nasi. 

Dikutip dari Times of India, dalam satu butir beras nasi terdiri dari tiga bagian: kulit, biji, dan endosperm. Kulit yang menyelubungi beras kaya akan serat, mineral, dan antioksidan. Sementara biji lebih kaya akan nutrisi seperti karbohidrat, lemak, protein, vitamin, mineral, dan antioksidan.

Bagian endosperm adalah bagian terbesar dari butir beras dan keseluruhannya terdiri dari karbohidrat dan sedikit protein. 


Nasi putih biasanya dikonsumsi lepas dari kulitnya untuk meningkatkan kualitas nasi. Namun justru banyak nutrisi yang terbuang sehingga menjadikannya hanya mengandung karbohidrat. Maka dari itu sebagian orang memilih nasi merah yang diklaim lebih sehat.

Mengutip Medical News Today, nasi putih tidak mengandung kolesterol, namun dapat mempengaruhi tubuh dengan cara yang dapat meningkatkan kadar kolesterol atau trigliserida seseorang.

Selain itu, ada beberapa faktor yang perlu dipertimbangkan untuk menentukan apakah nasi dapat menyebabkan kolesterol tinggi, seperti:

  • jenis nasi yang dimakan seseorang
  • seberapa sering mereka memakannya
  • porsi nasi
  • lauk dan sayur yang mereka makan dengan nasi
  • faktor risiko kolesterol tinggi seperti obesitas dan jarang olahraga


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Awas! Ini Ciri-ciri Kolesterol Tinggi yang Sering Diabaikan


(hsy/hsy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading