Cek! 20 Menu Lebaran yang Tak Boleh Ketinggalan di Hari Raya

Lifestyle - Tim Redaksi, CNBC Indonesia
29 April 2022 12:10
Pedagang Kulit ketupat di kawasan ciputat, Kamis (14/6/2018). (CNBC Indonesia/ Andrean Kristianto0

Jakarta, CNBC Indonesia - Libur Idul Fitri rasanya tak lengkap tanpa hidangan khas Lebaran. Kekayaan kuliner di Indonesia menghasilkan beragam menu Lebaran yang berbeda di setiap daerah. Persebaran penduduk dari satu daerah ke daerah lain juga semakin meluaskan tradisi makanan Lebaran.

Menu Lebaran yang Harus Ada di Hari Raya

Ada berbagai hidangan khas yang dijadikan menu Lebaran favorit banyak orang, mulai dari ketupat, rendang, sambal goreng ati, dan kentang, dan masih banyak lagi. Untuk lebih lengkapnya, simak aneka menu lebaran favorit yang tidak boleh dilewatkan di hari lebaran berikut ini:


1. Ketupat

Ketupat atau kupat merupakan salah satu menu lebaran yang wajib ada saat di momen Lebaran di Indonesia. Saking melekatnya tradisi ketupat, hidangan ini tidak hanya ditemukan di piring makan hari raya, namun juga bentuk ketupat yang dijadikan sebagai inspirasi desain dan dekorasi menyambut Idul Fitri.

Biasanya, ketupat disantap bersama hidangan khas lebaran lainnya, seperti rendang, opor ayam, semur daging, sate ayam, dan masih banyak lagi.

2. Opor Ayam

Opor ayam merupakan masakan sejenis kari ayam yang dibuat menggunakan campuran santan dan rempah-rempah khas Indonesia lainnya, seperti kencur dan serai.

Hidangan ini merupakan salah satu menu lebaran favorit banyak orang saat sedang merayakan hari raya Idul Fitri. Biasanya, orang-orang akan menikmati opor ayam bersama ketupat yang telah dipotong-potong dan taburan bawang goreng yang gurih.

3. Semur Daging

Menu Lebaran lainnya yang terbuat dari bahan baku daging yaitu semur daging. Biasanya, masakan ini dibuat oleh keluarga yang tidak menghidangkan rendang. Namun, beberapa keluarga juga menghidangkan rendang daging dan semur daging secara bersamaan sebagai menu lebaran komplit.

Semur daging sendiri merupakan masakan daging rebus yang diolah dengan kecap manis dan rempah-rempah khas Indonesia lainnya. 

4. Lontong Sayur

Lontong sayur biasanya ditemui dengan mudah di pagi hari di akhir pekan ketika banyak keluarga yang memutuskan untuk pergi sarapan bersama di luar rumah.

Namun, lontong sayur juga identik dengan sering dijadikan menu favorit banyak orang di hari raya Idul Fitri. Masakan lontong sayur sendiri merupakan hidangan khas Minangkabau yang identik dengan kuah santan dan bumbu khas masakan Minang.

5. Sambal Goreng Ati

Masakan khas Lebaran di Indonesia selanjutnya yaitu sambal goreng ati, lauk lainnya yang bisa melengkapi sajian ketupat di hari lebaran. Sama halnya dengan opor ayam, kuliner khas Idul Fitri ini terbuat dari ragam rempah yang dimasak bersama arti dan sayur seperti buncis atau kentang.

6. Rendang

Rendang merupakan kuliner khas asal Padang yang popularitasnya sudah sangat mendunia. Meskipun sangat mudah ditemukan setiap harinya di restoran-restoran Padang, rendang juga biasanya menjadi salah satu makanan khas lebaran yang kerap disajikan bersama opor ayam dan juga ketupat.

7. Lemang

Lemang merupakan makanan khas masyarakat Melayu yang sekilas terlihat seperti lontong. Perbedaannya yaitu lemang dibuat dari beras ketan dan santan serta dimasak dengan menggunakan bambu.

Lemang dijadikan pada saat hari Lebaran di beberapa wilayah di Sumatera dan Kalimantan serta di negara-negara tetangga seperti Malaysia. Makanan khas lebaran Indonesia ini merupakan alternatif pengganti ketupat yang tidak kalah lezat jika disantap bersama opor ayam ataupun rendang.

8. Sayur Lodeh

Sayur lodeh merupakan masakan sayur yang berkuah santan khas Indonesia, terutama di daerah Jawa Tengah dan Yogyakarta. Sayur lodeh juga mempunyai berbagai macam variasi terutama pada bumbunya, ada yang santannya berwarna putih, ada juga santan yang berwarna kuning kemerahan.

9. Serundeng Daging

Makanan khas lebaran di Indonesia dari olahan daging selanjutnya yang tidak boleh Anda lewatkan yaitu serundeng. Masakan ini memberikan kenikmatan dengan sentuhan ajaib dari rempah-rempah berbahan dasar daging sapi dan kelapa yang diparut tipis. Masakan ini sangat cocok untuk Anda yang menginginkan lauk tanpa terlalu banyak kuah.

10. Gulai Sayur

Jika Anda cukup jenuh dengan masakan yang berbahan daging, gulai sayur bisa jadi salah satu alternatifnya. Sayuran yang biasanya dibuat menjadi gulai sayur ini biasanya adalah daun singkong, bayam, nangka, dan berbagai sayur hijau yang lain. Bahan pembuatannya mulai dari santan, kunyit, bawang, lengkuas, jahe, dan ketumbar.

Dari Kentang Mustofa sampai Lapis Sambas
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading