Jadi Mudik? Jangan Lakukan Ini Saat Tinggalkan Rumah ya

Lifestyle - Tim Redaksi, CNBC Indonesia
28 April 2022 20:11
Kemacetan jelang Pelabuhan Merak, Banten, Kamis, (28/4/2022). (CBC Indonesia/Maikel Jefriando)

Jakarta, CNBC Indonesia - Pemerintah memprediksi puncak arus mudik Lebaran tahun 2022 atau Idulfitri 1443 Hijriyah (H) bakal terjadi pada 27 April - 28 April 2022 hari ini. Itu artinya, ramai-ramai pemudik akan meninggalkan rumahnya untuk sementara demi menuju kampung halaman.


Lalu apa yang harus diperharikan para pemudik ketika harus meninggalkan rumah, supaya tenang dan terbebas dari hal-hal yang tidak diinginkan?

1. Jangan Sesumbar Rencana Mudik di Media Sosial


Tak perlu mengumumkan ke publik jika kamu akan pergi mudik apalagi menjelaskan secara rinci di sosial media. Kamu harus lebih berhati-hati dan bijak dalam menggunakan sosial media. Ingat! Jangan terlalu oversharing.

Ketika kamu akan berangkat mudik tahan keinginanmu untuk memposting rencana mudik tersebut. Hal itu dikarenakan banyak orang yang mengakses sosial media dan bisa jadi kamu menjadi salah satu korban incarannya.

2. Jangan Biarkan Stop Kontak Tak Tercabut dari Barang Elektronik

Untuk meminimalisir terjadinya hubungan pendek arus listrik yang dapat memicu kebakaran, hal yang tidak boleh dilupakan sebelum berangkat mudik adalah mencabut barang elektronik dari stop kontak.

Matikan seluruh barang elektronik, seperti televisi, AC, kipas angin, dan lain-lain. Kemudian cek kembali dan pastikan semua barang elektronik tidak tersambung ke stop kontak.

3. Jangan Biarkan Lampu Menyala

Banyak orang yang menyarankan untuk tidak mematikan lampu ketika mudik dengan alasan agar rumah terlihat ada orangnya. Tetapi, cara ini dapat membuat tagihan listrik akan membengkak, apalagi jika ditinggal mudik lebih dari seminggu.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Catat! Jangan Bawa 6 Barang Ini Saat Mudik Naik Pesawat


(pgr/pgr)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading