Waspadai 5 Buah Ini, Gula Tinggi dan Kalori Berlebih

Lifestyle - Linda Hasibuan, CNBC Indonesia
25 April 2022 14:05
Ilustrasi buah mangga (Freepik)

Jakarta, CNBC Indonesia - Buah-buahan merupakan sumber vitamin yang baik untuk kesehatan tubuh. Tidak hanya itu, buah-buahan juga sumber serat, mineral, dan antioksidan.

Kendati demikian, ternyata ada jenis buah tertentu yang mengandung lebih banyak gula dan kalori sehingga kurang cocok bagi Anda yang sedang menjalani diet rendah kalori.

Berikut adalah jenis buah-buahan yang tinggi gula atau tinggi kalori:


1. Leci

Dengan kandungan gula hingga 29 gram per 150 gram saran penyajian, buah leci segar menempati peringkat pertama sebagai buah yang memiliki kandungan gula tertinggi. Akan tetapi, leci juga mengandung 135 miligram kalsium, yang lebih dari cukup untuk memenuhi angka rekomendasi asupan harian Anda, yaitu 75 miligram per hari.

2. Nanas

Mungkin tidak mengherankan bila nanas memiliki skor gula darah yang tinggi karena rasanya yang manis. Indeks glikemik nanas adalah 66, yang dianggap tahap moderat (sedang).

Jika ingin mengonsumsi buah dengan kandungan gula lebih rendah, pilihlah apel. Buah ini memilki Indeks Glikemik 40-an yang lebih rendah dari nanas.

3. Pisang

Pisang merupakan salah satu buah yang memiliki kalori cukup tinggi. Satu pisang ukuran sedang (118 gram) mengandung 105 kalori.

Selain itu, pisang juga mengandung karbohidrat sebanyak 27 gram. Tak heran mengapa makan pisang bisa mengganjal perut yang kelaparan.


4. Mangga

Mangga termasuk buah yang mengandung kalori tinggi. Tingginya kalori dalam buah yang manis dan segar ini sebagian besar berasal dari karbohidrat di dalamnya.

Tak hanya itu, satu porsi mangga segar memiliki kandungan gula hingga 24 gram. Artinya, buah tropis satu ini juga tinggi gula.


5. Kurma

Meski berukuran kecil, kurma termasuk buah tinggi kalori. Mengutip SehatQ, dalam satu buah kurma (24 gram) mengandung 66,5 kalori. 

Bentuknya yang kecil terkadang membuat Anda tidak sadar sudah makan terlalu banyak. Akhirnya, asupan kalori yang masuk ke tubuh juga jadi lebih banyak.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

7 Kebiasaan Diet yang Salah Tapi Masih Sering Dilakukan!


(hsy/hsy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading