Ini 5 Kebiasaan Orang Ber-IQ Tinggi, Kamu Termasuk Nggak?

Lifestyle - Linda Hasibuan, CNBC Indonesia
22 April 2022 11:45
Ilustrasi (Photo by George Milton from Pexels) Foto: Ilustrasi (Photo by George Milton from Pexels)

Jakarta, CNBC Indonesia - Orang dengan Intelligence Quotient (IQ) tinggi sering dijuluki jenius. Mereka kerap punya pembawaan yang eksentrik dan berbeda dengan orang pada umumnya. 

Biasanya, orang dengan IQ tinggi juga memiliki kebiasaan yang cukup unik dan terkesan aneh. Konon, kebiasaan unik tersebut membantu mereka untuk tetap kreatif dan imajinatif. 

Berikut adalah sejumlah kebiasaan sederhana orang dengan IQ tinggi yang menarik untuk diketahui:

1. Sering Begadang

Orang dengan IQ tinggi cenderung memiliki jam tidur yang lebih sedikit. Mereka lebih memilih untuk menghabiskan waktu istirahat dengan hal produktif. Sebagian orang mungkin tidak rela mengorbankan waktu tidur, namun orang ber-IQ tinggi lebih memilih cara ini dibandingkan dikerjakan pagi hari.

2. Suka Berbicara Sendiri

Orang dengan IQ tinggi kerap berbicara sendiri, baik di dalam hati maupun tulisan. Kebiasaan ini tanpa disadari bisa meningkatkan daya ingat dan memperkuat ketajaman kerja otak. Jadi, bukan berarti orang yang suka bicara sendiri itu tidak waras, bisa jadi mereka justru jenius.

3. Lebih Senang Menyendiri

Orang dengan kecerdasan di atas rata-rata biasanya suka menyendiri, melakukan 'me time' dengan menghabiskan waktu sendiri. Mereka juga biasanya merasa kerumunan atau keramaian adalah hal yang tidak nyaman.

Hal ini diungkapkan oleh dua peneliti Norman Li dari Singapore Management University dan Satoshi Kanazawa dari The London School of Economics and Political Science melalui penelitian berjudul 'Country roads, take me home... to my friends: How intelligence, population density, and friendship affect modern happiness'.

4. Mengakui Kesalahan

Tidak sedikit orang yang cenderung merasa benar sendiri meskipun sebenarnya ada di posisi yang salah. Berbeda dengan orang yang memiliki IQ tinggi, mereka memiliki otak yang mampu memahami sudut pandang orang lain dan tidak takut untuk mengakui kesalahan.

5. Senang Hal Menantang

Tidak hanya itu, Orang dengan IQ tinggi memiliki rasa tidak cepat puas dengan pencapaian. Karenanya, ketika banyak orang merasa cukup dengan apa yang dicapai, golongan IQ tinggi coba menantang diri dengan mencoba hal yang lebih ekstrem.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Gokil! 10 Orang Ini Punya IQ Super Jenius, Einstein Lewat


(hsy/hsy)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading