Omicron Bisa Jadi Vaksinasi Alami Covid? Ini Kata Ahli

Lifestyle - Linda Hasibuan, CNBC Indonesia
21 April 2022 11:05
Pengguna Vaksin Sinovac, Ini Booster Terampuh 'Hajar' Omicron

Jakarta, CNBC Indonesia - Orang yang pernah terinfeksi Covid-19 diketahui memiliki kekebalan tubuh alami terhadap virus tersebut. Dari sini lalu muncul anggapan bahwa virus Covid-19 varian Omicron bisa menjadi vaksinasi alami Covid-19.

Dokter spesialis penyakit dalam RA Adaninggar pun angkat bicara soal pendapat ini. Dalam salah satu unggahannya di Instagram beberapa waktu lalu, akun @drningz mengatakan bahwa prinsip vaksinasi Covid-19 adalah mendapatkan kekebalan tanpa risiko sakit dan meninggal akibat penyakit tersebut. Prinsip tersebut, kata dia, tidak terdapat dalam Omicron karena ia menyebabkan sakit. 

"Prinsip vaksinasi Covid adalah mendapatkan kekebalan tanpa risiko sakit dan meninggal akibat Covid. Sementara Omicron masih bisa menyebabkan gejala berat dan kematian pada orang-orang rentan," ungkapnya.


Orang rentan yang dimaksud adalah kelompok lansia, komorbid, orang yang belum divaksin Covid-19, dan anak-anak yang belum divaksin.

Adaninggar mengatakan, seiring dengan cakupan vaksinasi yang meluas, orang yang masuk kategori rentan juga menjadi berkurang. Kondisi ini akan berbeda jika dibiarkan terjadi penularan Omicron secara luas. Orang-orang yang rentan lebih berisiko tertular dan mengalami gejala berat hingga kematian.

Karena itu, dia tetap mendorong masyarakat untuk mendapat vaksin agar tubuh membentuk kekebalan yang dapat melawan infeksi virus. 

"Jadi penularan Omicron tetap harus dicegah karena dampak domino pada faskes (fasilitas kesehatan) yang harus utama dicegah (prokes 5M + pola hidup sehat + vaksinasi)," kata dia dalam salah satu postingannya.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Ini 8 Gejala Omicron di Orang yang Sudah Divaksin 2 Kali


(hsy/hsy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading