Apakah Durian Bisa Sebabkan Darah Tinggi? Ini Kata Ahli

Lifestyle - Linda Hasibuan, CNBC Indonesia
19 April 2022 14:30
Promoters work at a booth of Musang King durians at the Malaysia Durian Festival in Nanning, Guangxi Zhuang Autonomous Region, China November 4, 2017. Picture taken November 4, 2017. REUTERS/Stringer  ATTENTION EDITORS - THIS IMAGE WAS PROVIDED BY A THIRD PARTY. CHINA OUT.

Jakarta, CNBC Indonesia - Durian, buah berduri khas Asia Tenggara, banyak disukai karena rasanya manis legit dan memiliki aroma khas. Kendati demikian, mengonsumsi terlalu buah yang dijuluki King of Fruit ini dikabarkan bisa membahayakan kesehatan. Benarkah?

Perlu diketahui bahwa durian mengandung senyawa antioksidan, seperti asam kafeat, antosianin, quercetin dan mineral penting yang dibutuhkan tubuh, seperti zat besi, kalsium, magnesium, sodium, seng, dan fosfor.

Namun, perlu diingat, kandungan gula pada buah durian juga tergolong tinggi. Mengutip SehatQ, mengonsumsi durian lebih dari dua biji dapat menaikkan kadar gula darah dan menyebabkan gejala diabetes, seperti pandangan buram dan mual.


Berbeda dengan kepercayaan masyarakat umum, durian tidak mengandung kolesterol. Walaupun tidak memiliki kandungan kolesterol berbahaya, durian memiliki jumlah kalori yang sangat tinggi. Durian kecil berukuran kurang lebih 600 gram memiliki 885 kalori. Jumlah tersebut sudah memenuhi sekitar 44 persen dari kebutuhan kalori harian orang dewasa sebanyak 2000 kalori per hari.

Oleh karena itu, konsumsi durian berlebihan yang tidak diimbangi dengan gaya hidup sehat dan aktif, dapat menyebabkan obesitas. Kondisi obesitas meningkatkan risiko sejumlah penyakit, seperti diabetes, darah tinggi, jantung, dan stroke.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Jangan Percaya Mitos! Durian Tak Mengandung Kolesterol


(hsy/hsy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading