Curhat Presiden Ukraina di Grammy Awards 2022 Jadi Sorotan

Lifestyle - Linda Hasibuan, CNBC Indonesia
05 April 2022 14:05
FILE In this file photo taken on Thursday, Oct. 10, 2019, Ukrainian President Volodymyr Zelenskiy attends his long time talks with journalists in Kyiv, Ukraine. Ukraine may be at the center of a major geopolitical battle, but it’s feeling increasingly alone and abandoned by its U.S. backers amid the impeachment drama unfolding in Washington. Facing that reality, Zelenskiy is reaching out to Russia directly in a bid to end the conflict before things get worse. (AP Photo/Efrem Lukatsky, File)

Jakarta, CNBC Indonesia - Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky tiba-tiba muncul di acara Grammy Awards 2022, pada Senin (4/4/2022) pagi waktu Indonesia. Dalam acara penghargaan musik internasional itu, Zelensky memberikan pidato yang direkam sebelumnya di tengah kondisi perang dengan Rusia.

Dalam video rekaman pidatonya, dia curhat soal kondisi rakyatnya yang tengah bertahan di tengah kondisi perang.

"Musisi kami memakai pelindung tubuh, bukan tuksedo. Mereka bernyanyi untuk korban yang terluka. Di rumah sakit. Bahkan bagi mereka yang tidak bisa mendengarnya. Tapi musik akan tetap menjangkau mereka," katanya.


"Bantu kami dengan cara apa pun yang bisa kalian lakukan. Apa pun, asal bukan dengan diam," ucap Zelenskiy.

Presiden Zelensky merekam video tersebut dalam 48 jam terakhir di sebuah bunker di Kyiv.

"Isi keheningan dengan musik Anda. Isi hari ini untuk menceritakan kisah kita. Katakan yang sebenarnya tentang perang di jejaring sosial Anda, di TV, dukung kami dengan cara apa pun yang Anda bisa, tetapi jangan diam. Dan kemudian perdamaian akan datang ke semua kota kita," ucap Zelensky.

"Apa yang jadi kebalikan dari musik? Keheningan dari kota yang hancur dan orang yang terbunuh," ungkapnya.

Dia mengakhiri pidato itu dengan menyebutkan beberapa kota di Ukraina dan mengatakan, "Saya bermimpi mereka bisa hidup dan bebas. Bebas seperti Anda di panggung Grammy."

Zelensky menyampaikan pesan sebelum penampilan dari John Legend dari lagu "Free", yang diikuti oleh penyanyi Ukraina Mika Newton, musisi Siuzanna Iglidan dan penyair Lyuba Yakimchuk.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Presiden Ukraina Tampil di Grammy Awards, Bawa Pesan Apa?


(hsy/hsy)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading