Sikat Gigi Siang Hari Membatalkan Puasa? Ini Penjelasan MUI

Lifestyle - Linda Hasibuan, CNBC Indonesia
05 April 2022 11:15
Ilustrasi Gigi. (Dok freepik) Foto: Ilustrasi Gigi. (Dok freepik)

Jakarta, CNBC Indonesia - Menyikat gigi setiap hari sangat penting untuk menjaga kebersihan dan kesehatan gigi, termasuk untuk menjaga bau mulut. Namun, sejumlah orang ragu untuk menyikat gigi di siang hari saat Ramadan karena takut membatalkan puasa. 

Terkait hal tersebut, Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Bidang Dakwah Cholil Nafis pun menjelaskan hukum sikat gigi saat berpuasa. Perkara menggosok gigi saat berpuasa, ia mengatakan bahwa tersebut sama sekali tidak bermasalah selama dilalukan sebelum tiba waktu dzuhur.

"Sementara sikat gigi sebelum dzuhur itu boleh, setelah dzuhur itu makruh," kata Cholil.

Secara sederhana, makruh dipahami sebagai "sia-sia". Ada juga yang mengartikan makruh sebagai sesuatu yang tidak dibenci namun tidak juga disukai Allah. Dalam konteks ini, ibadah puasa yang dijalankannya tidak batal, namun bisa jadi ia tidak mendapatkan apapun kecuali lapar dan dahaga.

Berikut poin-poin utama yang dikatakannya berkaitan dengan hukum sikat gigi saat puasa.

1. Menyikat gigi di siang hari sebelumzuhur saat Ramadan tidak membatalkan puasa. Maka, sikat gigi setelah adzan subuh boleh dilaksanakan dan tidak mempengaruhi niat puasa.


2. Menyikat gigi di siang hari setelah zuhur, hukumnya menjadi makruh, sehingga lebih baik dihindari sikat gigi selepas adzan zuhur.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Catat Nih! 7 Tips Agar Tidak Mudah Haus Saat Puasa


(hsy/hsy)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading