Rahasia Gaya Hidup Agar Kaya Raya di Masa Depan, Layak Dicoba

Lifestyle - Linda Hasibuan, CNBC Indonesia
23 March 2022 12:15
Ilustrasi Perencanaan Keuangan (Dok: Freepik) Foto: Ilustrasi Perencanaan Keuangan (Dok: Freepik)

Jakarta, CNBC Indonesia - Banyak orang ingin menjadi kaya raya dan sukses. Namun, untuk menjadi kaya di masa depan bukan sekedar faktor keberuntungan semata. Seseorang harus berjuang keras dan cerdas untuk mengubah hidupnya.

Namun, selain kerja keras, ternyata ada rahasia lain yang bisa mengubah hidup Anda menjadi lebih kaya di masa depan. Apa saja?

1. Miliki mindset orang kaya

Berpikirlah seperti orang kaya. Mereka tidak takut gagal, tidak gampang menyerah, dan tidak peduli dengan omongan orang lain. Banyak dari orang-orang paling kaya di dunia saat ini yang pernah mengalami kegagalan bertubi-tubi.

Pada karena mereka memiliki mindset yang tepat, mereka selalu bisa bangkit lagi dan akhirnya mencapai kesuksesan.

2. Cari sumber penghasilan lain

Orang kaya pada umumnya tidak hanya mengandalkan satu sumber pemasukan, melainkan dua, tiga, atau empat sekaligus. Semakin banyak sumber pemasukan, maka semakin bertambah pundi-pundi kekayaan Anda.

Mulailah dari mencari pekerjaan atau usaha sampingan. Berapa pun nominal yang Anda hasilkan nanti, Anda bisa gunakan untuk menambah tabungan maupun investasi.

3. Rem keinginan belanja

Jika Anda tipikal orang yang berbelanja karena ingin berburu diskon, berubahlah. Akibat harga barangnya sedang diskon, Anda jadi tergiur untuk berbelanja di luar dari apa yang Anda butuhkan. Bukannya makin hemat, kebiasaan ini justru memicu membengkaknya pengeluaran.

Kapanpun ingin berbelanja, pastikan Anda sudah membuat daftar barang yang ingin dibeli. Patuhilah daftar ini agar uang yang dikeluarkan sesuai dengan anggaran yang telah disediakan.

4. Investasi

Tidak ada orang kaya yang tidak punya investasi, baik dalam bentuk saham, deposito, properti bahkan crypto. Dengan berinvestasi, investor membuat uang yang bekerja untuk mereka.

Mulailah berinvestasi dengan menyisihkan 10-20% dari gaji. Lakukan secara konsisten agar nominalnya bertambah, keuntungan yang dapat dinikmati pun lebih maksimal.

5. Manfaatkan utang

Utang tidak selalu negatif jika yang Anda miliki adalah utang produktif. Percayalah, banyak orang kaya saat ini memiliki utang produktif yang justru bisa membuat mereka tambah kaya lagi. Cari tahu bagaimana utang produktif bekerja dan praktekkan dengan hati-hati.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

5 Cara Jitu Supaya Kamu Bisa Ngopi Tanpa Takut Miskin


(hsy/hsy)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading