Afghanistan Jadi Negara Paling Tidak Bahagia di Dunia

Lifestyle - Linda Hasibuan, CNBC Indonesia
22 March 2022 15:25
Guldasta dan anggota keluarga berkumpul di rumah mereka di pemukiman dekat Qala-e-Naw, Afghanistan (14/12/2021). Guldasta, mengatakan bahwa setelah berhari-hari tidak makan, dia menyuruh suaminya untuk membawa putra mereka yang berusia 8 tahun. Salahuddin ke pasar dan menjualnya untuk membawa makanan untuk yang lain. Orang miskin Afghanistan semakin beralih ke keputusan putus asa seperti negara itu spiral ke dalam pusaran kemiskinan. (AP/Mstyslav Chernov)

Jakarta, CNBC Indonesia - Afghanistan mendapat predikat sebagai negara paling tidak bahagia di dunia, menurut World Happiness Report 2022. Negara di Asia Selatan itu berada di urutan terbawah dari 146 negara yang dipantau.

Predikat negara paling bahagia dipegang oleh Finlandia. Adapun Indonesia berada di urutan ke-87.

World Happiness Report merupakan laporan yang dikeluarkan oleh Sustainable Development Solutions Network untuk PBB. Laporan ini selalu dikeluarkan jelang Hari Kebahagiaan Sedunia yang diperingati setiap 20 Maret.


World Happiness Report memberi peringkat seluruh negara di dunia berdasarkan beberapa variabel penting yang dinilai menjadi faktor penentu kebahagiaan. Di antaranya pendapatan, kebebasan, kepercayaan, harapan hidup sehat, dukungan sosial, dan kemurahan hati.

Afghanistan mendapatkan skor rendah di semua kategori, dengan raihan angka 2,4. Angka tersebut sangat jauh jika dibandingkan dengan Finlandia yang mendapatkan nilai 7,8.

Alasan Afghanistan Jadi Negara Paling Tidak Bahagia

Tingkat kemiskinan yang tinggi dan kurangnya kesempatan kerja menjadi faktor yang membuat penduduk negara itu sulit bahagia. Pada jajak pendapat Gallup tahun 2018, mayoritas masyarakat Afghanistan mengaku tak memiliki harapan untuk masa depan, meski kekuasaan Taliban telah jatuh pada tahun 2001 silam.

"Satu-satunya fokus adalah perang, panglima perang, dan politisi korup," ujar analis Nasratullah Haqpal, mengutip Associated Press.

Haqpal juga melihat tingkat kemiskinan Afghanistan yang semakin menjadi-jadi. "Orang-orang jadi semakin miskin, semakin kecewa, dan semakin tidak bahagia," tambahnya.

Berikut daftar negara paling tidak bahagia di dunia berdasarkan World Happiness Report mengutip CNN Indonesia:

1. Afghanistan

2. Libanon

3. Zimbabwe

4. Rwanda

5. Botswana

6. Lesotho

7. Sierra Leone

8. Tanzania

9. Malawi

10. Zambia



[Gambas:Video CNBC]

(hsy/hsy)
Terpopuler
    spinner loading
Artikel Terkait
Features
    spinner loading