Singapura Punya Taman Bermain Bertema Neraka, Berani ke Sini?

Lifestyle - Tim Redaksi, CNBC Indonesia
21 March 2022 11:50
Haw Par Villa (Ist tangkapan layar/hawparvilla.sg)

Jakarta, CNBC Indonesia - Pernah dengar nama Haw Par Villa? Meski namanya 'villa', tempat ini sebenarnya adalah taman bermain yang ada di Singapura. Namun, tak seperti taman bermain pada umumnya, Haw Par Villa adalah tujuan wisata yang bertema neraka dan kehidupan setelah kematian. 

Berdiri di lahan seluas 3.800 m2, Museum Neraka ini punya lebih dari 1.000 patung dan 150 diorama yang terinspirasi dari legenda China. Salah satu diorama, misalnya, menampilkan bagaimana manusia dihukum di neraka karena dosanya, berdasarkan kepercayaan agama Tao dan Budha. 

Dalam mitologi Cina, manusia harus melalui "pengadilan" di akhirat. Pengadilan ini dipimpin oleh raja yang akan memberikan hukuman sesuai kadar kejahatan setiap manusia. 


Ada 10 raja yang memimpin pengadilan. Setelah melewati 10 tahapan penghakiman, barulah manusia dapat bereinkarnasi.

Haw Par Villa (Ist tangkapan layar/hawparvilla.sg)Foto: Haw Par Villa (Ist tangkapan layar/hawparvilla.sg)
Haw Par Villa (Ist tangkapan layar/hawparvilla.sg)

Mitologi China menetapkan hukuman yang berat untuk pelaku kejahatan sadis. Pelaku pemerkosaan, misalnya, dihukum di lebih dari satu pengadilan. Di pengadilan kedua, mereka yang melakukan prostitusi dilemparkan ke dalam "kolam darah" yang dijaga oleh iblis dengan tampang mengerikan.

Namun, manusia juga dihukum untuk dosa kecil, seperti mengumpat dan tidak menghabiskan makanan. 

Haw Par Villa dibangun pada 1937 oleh pengusaha keturunan China-Burma Aw Boon Haw, yang juga pendiri salep Tiger Balm. Taman ini didedikasikan untuk saudara laki-lakinya, Aw Boon Par.

Haw Par Villa mengklaim sebagai museum pertama di dunia yang mengeksplorasi kematian dan kehidupan setelah kematian. Hal ini menjadikan Haw Par Villa salah satu atraksi wisata kegelapan paling populer di Singapura.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Singapura Jadi Negara Paling Lelah di Dunia, Apa Alasannya?


(hsy/hsy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading