Mau Kaya Raya? Ini 10 Bisnis yang Dijalani Miliarder Dunia

Lifestyle - Linda Hasibuan, CNBC Indonesia
13 March 2022 14:00
A worker uses a forklift to collect items at online retailer Lazada's warehouse in Depok, south of Jakarta, Indonesia March 26, 2018. Picture taken March 26, 2018. REUTERS/Darren Whiteside

Jakarta, CNBC Indonesia - Menjadi seorang miliarder tidak bisa diraih dalam waktu singkat. Kebanyakan dari mereka menghabiskan waktu belasan tahun bahkan separuh dari hidupnya untuk memperoleh gelar tersebut.

Sektor-sektor bisnis ini telah terbukti mengantarkan para pelakunya menjadi crazy rich atau orang-orang paling kaya di negaranya, bahkan ada yang sampai di dunia.

Berikut adalah 10 industri teratas pencetak miliarder terbanyak melansir Forbes.


1. Keuangan & Investasi

Jumlah miliuner: 371 orang (13% dari daftar miliuner Forbes)

Orang Terkaya: Warren Buffett ($96 miliar), ketua dan CEO Berkshire Hathaway, yang memiliki saham di lebih dari 60 perusahaan, termasuk Duracell dan Dairy Queen.

2. Teknologi

Jumlah miliuner: 365 orang (13% dari daftar miliuner Forbes)

Orang Terkaya: Jeff Bezos ($ 177 miliar), pendiri raksasa e-commerce Amazon. Orang terkaya di dunia juga memiliki Washington Post dan perusahaan luar angkasa Blue Origin.

3. Manufaktur

Jumlah miliuner: 331 orang (12% dari daftar miliuner Forbes)

Orang Terkaya: He Xiangjian ($35 miliar), pendiri pembuat peralatan Midea Group. Perusahaan ini memiliki lebih dari 200 anak perusahaan dan perdagangan di bursa saham Shenzhen.

4. Mode & Ritel

Jumlah miliuner: 273 orang (10% dari daftar miliuner Forbes)

Orang Terkaya: Bernard Arnault ($150 miliar), ketua dan CEO LVMH. Dia mengawasi lebih dari 70 merek, termasuk Louis Vuitton, Tiffany & Co. dan Sephora.

5. Kesehatan

Jumlah miliuner: 221 orang (8% dari daftar miliuner Forbes)

Orang Terkaya: Jiang Rensheng & keluarga ($24,4 miliar), ketua perusahaan vaksin Chongqing ZFSW Biological Products, yang dikenal sebagai Zhifei. Perusahaan sedang bekerja untuk mengembangkan vaksin tuberkulosis sendiri.

6. Makanan & Minuman

Jumlah miliuner: 219 orang (8% dari daftar miliuner Forbes)

Orang Terkaya: Zhong Shanshan ($68,9 miliar), ketua perusahaan air minum dalam kemasan Nongfu Spring. Dia juga mengendalikan Farmasi Biologi Beijing Wantai yang terdaftar secara publik.


7. Perumahan

Jumlah miliuner: 215 orang (8% dari daftar miliuner Forbes)

Orang Terkaya: Lee Shau Kee ($31,7 miliar), salah satu pendiri pengembang properti Sun Hung Kai. Sebelum itu, ia memulai Henderson Land Development pada tahun 1976, yang merupakan mayoritas kekayaannya.

8. Diversifikasi

Jumlah miliuner: 188 orang (7% dari daftar miliuner Forbes)

Orang terkaya: Mukesh Ambani ($84,5 miliar), ketua Reliance Industries. Perusahaan ini memegang kepentingan di petrokimia, minyak dan gas, ritel dan telekomunikasi.

9. Energi

Jumlah miliuner: 100 orang (4% dari daftar miliuner Forbes)

Orang Terkaya: Robin Zeng ($28,4 miliar), pendiri dan ketua pemasok baterai kendaraan listrik terkemuka, Contemporary Amperex Technology (CATL). BMW, Volkswagen dan Geely adalah salah satu klien perusahaan.

10. Media & Hiburan

Jumlah miliuner: 95 orang (3% dari daftar miliuner Forbes)

Orang Terkaya: Michael Bloomberg ($59 miliar), salah satu pendiri informasi keuangan dan perusahaan media Bloomberg LP. Dia menghabiskan hampir $ 1 miliar dari kekayaan pribadinya untuk pemilihan presiden yang gagal pada tahun 2020.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Gaji Pas-pasan Tapi Mau Jadi 'Sultan'? Coba 4 Cara Ini


(hsy/hsy)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading