Penjualan Film The Batman Bisa Capai US$ 100 Juta Akhir Pekan

Lifestyle - Lalu Rahadian, CNBC Indonesia
05 March 2022 11:00
A batmobile from

Jakarta, CNBC Indonesia - Film The Batman yang baru tayang di bioskop pekan ini tercatat mampu meraih pendapatan hingga US$21,6 juta dalam penayangan preview di Amerika Serikat (AS) pada Kamis (3/3/2022) malam waktu setempat. Penjualan tiket film garapan Warner Bros ini diprediksi bisa menembus US$100 juta pada pekan pertama penayangannya di AS.

Menurut Analis Media Senior Paul Dergarabedian, sesi preview atau pratinjau di Kamis malam kerap menjadi indikator penting untuk melihat akan sukses atau tidaknya sebuah film. Dia menyebut torehan nilai penjualan tiket yang diraih film The Batman menunjukkan tingginya antusiasme masyarakat menyaksikan film tersebut.

"Sesi pratinjau hari kamis sering menjadi indikator untuk melihat performa sebuah film di akhir pekan mendatang. Film The Batman muncul dengan awal yang kokoh. Hal ini ditunjukkan dengan banyaknya penggemar fanatik film ini yang menyerbu sesi pratinjau untuk menjadi orang pertama menyaksikan film ini di layar lebar," kata Dergarabedian dikutip dari CNBC International, Sabtu (5/3/2022).


Sebagai perbandingan, jumlah penjualan tiket film The Batman dalam sesi preview di Kamis malam masih ada di bawah torehan film Spiderman: No Way Home yang tayang Desember 2021 lalu. Saat itu, film besutan Disney dan Sony ini meraup US$50 juta dari sesi pratinjau di Kamis malam.

Rendahnya nilai tiket pratinjau The Batman disinyalir terjadi karena film ini memiliki genre yang lebih dewasa, berbeda dengan Spiderman atau film lain yang digarap di bawah naungan Marvel Cinematic Universe (MCU). Film Batman dinilai lebih gelap dan tidak cocok untuk disaksikan bersama anak kecil di bioskop.

Meski begitu, The Batman diprediksi akan tetap merajai tangga Box Office akhir pekan nanti, karena film ini mampu menarik minat penonton berusia 18 - 35 tahun. Kelompok usia ini adalah golongan yang banyak mengunjungi bioskop sejak pandemi terjadi.

Ketenaran film Batman sudah sejak lama terjadi di AS. Sejak 1989 lalu, setiap film Batman yang diangkat ke layar lebar selalu menjadi penguasa box office.

Secara kolektif, film mengenai Bruce Wayne dan alter egonya sebagai detektif bertopeng ubu sudah menghasilkan lebih dari US$4,5 miliar secara global dalam 33 tahun terakhir.

Dalam kurun 3 dekade terakhir, sudah ada 6 aktor yang dipilih memerankan sosok Batman dan Bruce Wayne.

Dalam film The Batman, sosok Bruce Wayne diperankan oleh Robert Pattinson. Aktor kelahiran London, Inggris ini namanya dikenal sejak membintangi film Twilight pada 2008 silam.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Film Eternals Tayang di AS, Disney Prediksi Bisa Raup Rp 1 T


(pgr/pgr)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading