Frugal Living Ala Warren Buffett, Ikuti Kalau Mau Kaya!

Lifestyle - Tim Redaksi, CNBC Indonesia
04 March 2022 12:45
File Photo: Berkshire Hathaway CEO Warren Buffett plays bridge during the Berkshire annual meeting weekend in Omaha, Nebraska May 3, 2015. REUTERS/Rick Wilking/File Photo

Jakarta, CNBC Indonesia - Warren Buffett adalah salah satu pengusaha paling kaya dan sukses di dunia, tetapi masih menjalani hidup hemat dalam banyak aspek di kehidupannya. Meski demikian, triliuner satu ini tidak menyebut dirinya sebagai orang yang hemat, hanya seorang pria dengan selera sederhana.

1. Tetap tinggal di rumah yang sama

Mengutip Yahoo Finance, Buffett sudah tinggal di rumahnya di Omaha, Nebraska, selama lebih dari 60 tahun. Meski nilai kekayaannya sudah naik berkali-kali lipat, ia tidak serta-merta pindah ke villa mewah berharga ratusan miliar.


Rumahnya di Omaha memang sangat luas, namun rumah itu termasuk 'sederhana' untuk ukuran triliuner seperti dia. Buffett tidak berencana untuk pindah rumah. Justru, ia menyebut rumahnya sebagai investasi terbaik ketiga yang pernah ia buat.

2. Jarang berutang

Satu-satunya utang Buffett adalah KPR untuk sebuah rumah liburan di Laguna Beach, California, yang dia beli pada tahun 1971. Meski membeli rumah itu dengan cicilan, Buffet sebenarnya juga memiliki uang tunai untuk membeli properti tepi pantai yang sekarang harganya ditaksir US$ 150.000 atau sekitar Rp21 miliar (kurs Rp14.358/USD)

Buffet mengatakan kepada CNBC bahwa dia mengambil pinjaman KPR dengan tenor 30 tahun karena "Saya pikir, mungkin saya bisa menggunakan uang itu dengan lebih baik daripada untuk membeli rumah secara cash."

3. Menggunakan mobil murah

Ketika banyak triliuner memiliki koleksi mobil sport mewah, Buffett lebih memilih memakai mobil murah. Mobil terbarunya adalah Cadillac XTS yang dibeli pada tahun 2014. "Sebenarnya, saya hanya berkendara sekitar 3.500 mil setahun, jadi saya akan sangat jarang membeli mobil baru," katanya kepada Forbes.

Jika Anda ingin berhemat, tiru kebiasaan Buffett yang hanya membelanjakan uang sesuai batas kemampuan.

4. Menghindari pengeluaran yang tidak perlu

Warren Buffett tidak terlalu peduli dengan baju rancangan desainer ternama atau model iPhone terbaru. Dia hanya memakai ponsel murah selama bertahun-tahun sebelum akhirnya menggunakan smartphone Apple pada tahun 2020.

Buffett menghindari pengeluaran yang tidak perlu dan pernah berkata, "Jangan menabung apa yang tersisa setelah dibelanjakan, tetapi habiskan apa yang tersisa setelah menabung."

5. Tidak berinvestasi dari uang pinjaman

Buffett muda pernah meminjam uang untuk dibelikan saham, namun dia memperingatkan investor agar tidak mengulangi kesalahan yang sama. Berdasarkan pengalaman Buffet, meminjam untuk berinvestasi bisa sangat berisiko.

6. Temukan cara kreatif untuk berhemat

Ketika anak pertama Buffett lahir, dia mengubah laci meja rias menjadi tempat tidur bayi. Kemudian, ketika anak keduanya lahir, dia menyewa tempat tidur bayi, alih-alih membeli yang baru. Dia selalu menemukan cara-cara kreatif untuk berhemat.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Ini Saran Warren Buffett Bagi Gen Z yang Sedang Cari Kerja


(hsy/hsy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading