Ini Kebiasaan 'Nyeleneh' Orang Ber-IQ Tinggi, Kamu Begini?

Lifestyle - Linda Hasibuan, CNBC Indonesia
18 February 2022 11:40
Albert Einstein di Madame Tussauds, Istanbul Turki.(AP Photo/Emrah Gurel)

Jakarta, CNBC Indonesia - Orang-orang super pintar ber-IQ tinggi disebut sangat konsisten menjalankan kebiasaan positif sehingga mereka bisa meraih sukses dengan kepintarannya.

Namun, di sisi lain, orang jenius ternyata memiliki kebiasaan aneh mulai dari terkait penampilan hingga kebiasaan menyendiri. Lalu, apa saja ciri-ciri orang yang disebut jenius? Berikut rangkumannya:

1. Suka Bicara Sendiri


Mereka yang dianggap jenius dikatakan suka berbicara sendiri. Kebiasaan ini dapat meningkatkan daya ingat dan mempertajam pola pikiran. Padahal, biasanya orang yang suka bicara sendiri dianggap tidak waras.

2. Suka Menantang Diri

Orang-orang dengan nilai IQ tinggi memiliki kebiasaan tidak memiliki rasa puas pada sebuah pencapaian. Sehingga, mereka sering menantang dirinya sendiri untuk melakukan hal yang lebih besar. Padahal orang tersebut sudah melewati tahapan yang dianggap cukup bagi kebanyakan orang lain.

3. Sering Begadang

Orang dengan IQ tinggi ternyata banyak lebih nyaman bekerja di malam hari dibanding pagi hari. Sebab, orang jenius cenderung menghabiskan lebih banyak waktu berpikir dan berkarya. Sehingga, mereka akan memiliki jam tidur lebih sedikit dan memilih menghabiskan waktu istirahat untuk hal produktif.

4. Cenderung Berantakan

Berdasarkan hasil penelitian University of Minnesota terhadap munculnya kreativitas pada seseorang, kebanyakan ide bermunculan dari orang-orang di lingkungan berantakan daripada yang berasal dari tempat rapi.

5. Lebih Suka Menyendiri

Dalam penelitian berjudul 'Country roads, take me home... to my friends: How intelligence, population density, and friendship affect modern happiness'. Penelitian Norman P.Li dari Singapore Management University dan Satoshi Kanazawa dari The London School of Economics and Political Science mengungkapkan bahwa keramaian membuat orang ber-IQ tinggi menjadi tidak nyaman.

6. Mengakui Kesalahan

Orang jenius dianggap bisa lebih mengakui kesalahannya, dibandingkan orang biasa. Sebab IQ tinggi cenderung memiliki otak yang bisa memahami sudut pandang orang lain dan tidak takut untuk mengakuinya.

7. Sering Mengkritik Diri Sendiri

Para peneliti Cornell University tahun 1999 menemukan bahwa orang cerdas jauh dari kata percaya diri. Sebab mereka cenderung meremehkan kemampuannya,hal ini karena mereka tahu banyaknya pengetahuan di luar sana.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Mau Cepat Dapat Kerja? Buruan Ubah 5 Kebiasaan Buruk Ini


(hsy/hsy)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading