Inggris Tawarkan Suntik Kurus pada Penduduk yang Obesitas

Lifestyle - Tim Redaksi, CNBC Indonesia
10 February 2022 17:55
Ilustrasi Perut Buncit (Pixabay)

Jakarta, CNBC Indonesia - Pemerintah Inggris akan segera menawarkan program penurunan berat badan bagi warganya yang punya masalah obesitas. 

Melansir laman BBC, program tersebut akan dijalankan melalui prosedur suntik mingguan menggunakan semaglutide yang efeknya bisa membuat orang merasa lebih kenyang, sehingga mereka akan makan lebih sedikit, tanpa merasa kelaparan.

Dalam uji coba, penyuntikan semaglutide membantu orang gemuk kehilangan sepersepuluh dari berat badan mereka - rata-rata sekitar 13kg.


Badan kesehatan Inggris, National Institute for Health and Care Excellence, merekomendasikan 'suntik kenyang' tersebut harus tersedia di program jaminan kesehatan nasional NHS. Meski begitu, saat ini, peraturan yang berlaku di Inggris Raya menegaskan bahwa penggunaan suntik semaglutide masih harus dilakukan oleh petugas medis profesional dan harus melalui rekomendasi dokter. 

Obesitas dialami sekitar satu dari empat orang dewasa di Inggris. Kondisi tersebut meningkatkan risiko kesehatan serius lainnya.

Pada periode 2018 hingga 2019, sebanyak 11.117 kasus di rumah sakit di Inggris secara langsung disebabkan oleh obesitas. Karena itu, obesitas kini dikategorikan sebagai tantangan kesehatan terbesar di Negeri Ratu Elizabeth tersebut.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Kalah Sidang, Surat Kabar Inggris Minta Maaf ke Meghan Markle


(hsy/hsy)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading