Benarkah Sakit Perut Termasuk Gejala Covid Varian Omicron?

Lifestyle - Linda Hasibuan, CNBC Indonesia
08 February 2022 12:50
Ilustrasi Perut Buncit (Pixabay)

Jakarta, CNBC Indonesia - Sejumlah kasus telah menunjukkan bahwa pasien yang terinfeksi virus Covid-19 varian Omicron mengalami gejala yang tidak seperti varian virus terdahulu. Salah satu gejala kurang umum yang banyak dirasakan pasien adalah sakit perut dan muntah, sehingga sering salah dikira seperti keracunan makanan.

Mengutip The Sun, seorang dokter ahli di Amerika Serikat, dr Bill Admire, mengatakan bahwa sakit perut, mual, muntah, kehilangan nafsu makan dan diare semua bisa menjadi tanda-tanda Covid.

Riset yang diterbitkan dalam Journal of Microbiology, Immunology and Infection mengungkap bahwa para ahli menemukan mual dan muntah sebagai dua gejala yang paling umum, di samping gejala utama Covid lainnya seperti sakit tenggorokan atau kehilangan rasa dan penciuman. Studi tersebut menunjukkan bahwa masalah seperti diare, mual dan muntah dapat dipicu oleh infeksi Covid.


Alasan orang sakit, menurut mereka, adalah karena respons peradangan tubuh terhadap infeksi virus.

Meski gejala Covid-19 Omicron terbilang ringan, angka penularan yang tinggi memicu kekhawatiran para ahli. Ini karena tingkat penularan Omicron yang jauh lebih cepat dibanding Delta. 


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Punya Gejala Kaya Gini? Fix! Anda Kena Covid-19 Varian Baru


(hsy/hsy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading