Cek! Ini Gejala Omicron yang Sering Diabaikan dari Pengamatan

Lifestyle - Linda Hasibuan, CNBC Indonesia
03 February 2022 10:50
Zona merah di Kelurahan Kerukut, Tamansari, Jakarta, Senin (10/1/2022). (CNBC Indonesia/Muhammad Sabki)

Jakarta, CNBC Indonesia - Mayoritas penderita Covid-19 varian Omicron mengalami gejala batuk, mudah lelah, dan pilek atau hidung tersumbat. Fakta tersebut diketahui berdasarkan laporan mingguan yang dirilis Pusat Pengendalian Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC) bertajuk 'Morbidity and Mortality Weekly Report'.

Gejala Omicron ini jauh lebih ringan dari gejala varian Delta yang lebih kompleks, seperti kehilangan indera penciuman, indera perasa, demam yang sangat tinggi, dan gangguan pencernaan. Lantaran gejala ringan tersebut, Omicron sering menyelinap menginfeksi tubuh seseorang tanpa disadari.

Yang perlu diperhatikan, selain gejala seperti flu, ada beberapa kasus infeksi Omicron yang gejalanya kerap diabaikan oleh pengamatan, salah satunya diare.


Tidak hanya itu, mengalami infeksi mata juga menjadi gejala Omicron yang harus diwaspadai. Misal seperti merah dan mata gatal walau menurut American Academy of Ophthalmology, gejala ini juga sangat jarang terjadi.

Perlu juga diwaspadai jika Anda mengalami ruam dan gatal-gatal pada kulit, khususnya di kaki, jari, mulut, dan lidah. Meski belum bisa dipastikan 100 persen, namun ruam pada kulit memang bisa menjadi tanda reaksi sistem imun terhadai infeksi virus.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Omicron Sering Disepelakan, Ternyata Ini Ancaman Sebenarnya!


(hsy/hsy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading