10 Barang Bekas yang Harganya Selangit, Aneh Tapi Nyata!

Lifestyle - Tim Redaksi, CNBC Indonesia
28 January 2022 18:05
Akun bernama Jasaku Network di Tokopedia menjual produk dengan judul

Jakarta, CNBC Indonesia - Barang bekas yang masih memiliki nilai pakai sangat umum untuk dijual kembali. Seperti contohnya mobil bekas, barang-barang bayi bekas, bahkan HP bekas. Selama masih bisa digunakan dan memiliki harga yang masuk akal, tentu hal tersebut tidak menjadi masalah.

Namun pernahkah Anda mendengar barang bekas yang dijual hingga miliaran rupiah? Pasalnya, beberapa barang tersebut mungkin akan membuat Anda kaget karena tidak memiliki kegunaan tertentu.

Barang Bekas Termahal di Dunia

Barang bekas yang berhasil terjual dengan harga mencapai miliaran rupiah ini umumnya berasal dari orang-orang ternama yang punya kredibilitas tinggi seperti artis, atlet dan tokoh penting lainnya. Bahkan barang-barang tersebut cenderung tidak bisa dipakai atau dimakan.


Namun, barang bekas yang mahal ini justru bisa memiliki harga yang melonjak tinggi berkali-kali lipat dari harga aslinya dan bahkan menjadi rebutan para kolektor atau penggemar fanatik. Berikut daftarnya:

1. Tisu Bekas Air Mata Lionel Messi

Soccer Football - Lionel Messi holds an FC Barcelona press conference - 1899 Auditorium, Camp Nou, Barcelona, Spain - August 8, 2021 Lionel Messi during the press conference REUTERS/Albert Gea/File Photo     TPX IMAGES OF THE DAY SEARCH Foto: REUTERS/ALBERT GEA
Soccer Football - Lionel Messi holds an FC Barcelona press conference - 1899 Auditorium, Camp Nou, Barcelona, Spain - August 8, 2021 Lionel Messi during the press conference REUTERS/Albert Gea/File Photo TPX IMAGES OF THE DAY SEARCH "POY SPORTS" FOR THIS STORY. SEARCH "REUTERS POY" FOR ALL BEST OF 2021 PACKAGES

Siapa yang tidak kenal dengan pemain sepak bola dunia Lionel Messi? Jagoan Barcelona tersebut menangis ketika mengumumkan kepindahannya dari tim Barcelona. Lalu, Messi menyeka air matanya menggunakan sebuah tisu.

Tidak disangka-sangka, ternyata tisu bekas air mata Messi itu justru menjadi rebutan para penggemarnya dan menjadi barang bekas termahal. Bahkan tisu tersebut laku terjual di situs daring dengan harga yang sangat tinggi, yakni mencapai Rp14 miliar.

2. Vespa Seri 0

Vespa tertua di dunia ternyata menjadi barang bekas termahal di jajaran vespa unik lainnya. Vespa Seri 0 ini pernah menjadi bagian dari film Blockbuster dan Roman Holiday (1953) yang dibintangi oleh Audrey Hepburn.

Skuter dengan nomor seri 1003 tersebut kabarnya hanya dibuat sebanyak 60 unit saja, bahkan untuk nomor seri 1001 dan 1002 tidak diproduksi lagi. Di tahun 2017, vespa ini dilelang oleh Ruote-Da-Sogno, sebuah showroom di Italia yang fokus pada mobil dan motor antik. Skuter bekas ini ternyata dihargai sampai Rp 4miliar loh!

3. Potongan Roti Nial Horan

Nial Horan adalah penyanyi yang pernah bergabung dalam boyband One Direction. Tidak aneh jika ia memiliki penggemar yang rela mengeluarkan uang banyak untuk mengoleksi hal yang bersangkutan dengannya. Roti panggang bekas gigitan Nial Horan pun pernah terjual dengan harga tinggi mencapai Rp 1,3 miliar.

4. Bungkus Bekas BTS Meal 599 jt

Pada Juni 2021, restoran cepat saji McDonald's melakukan kolaborasi dengan boyband terkenal asal Korea Selatan, BTS. Kolaborasi tersebut terdiri dari makanan dan minuman dengan bungkus yang serba ungu yang menjadi karakter BTS dan dilengkapi dengan logo.

Selain itu, terdapat pula beberapa tulisan "BTS Meal" di bungkus makanan dan minuman tersebut. Ternyata, ada yang menjual barang bekas berupa bungkus BTS Meal tanpa isi di salah satu marketplace di Indonesia dan dibanderol dengan harga Rp 599 juta.

5. Potongan Rambut Justin Bieber

Justin Bieber sudah terkenal sejak masih remaja karena lagu-lagunya yang selalu membekas di hati para penggemar. Penyanyi yang kerap kali dipanggil JB ini memiliki fans hampir di seluruh dunia.

Jadi bukan hal yang aneh jika apapun yang dikenakan oleh Justin selalu menjadi incaran para penggemarnya. Termasuk bekas potongan rambut JB pada tahun 2011 yang disimpan pada kotak kaca dan laku dijual seharga Rp 563 juta alias setengah miliar!

6. Jaket dengan Tanda Tangan Mark Brandon

Jaket bekas yang bertanda tangan aktor film Chopper Read, Mark Brandon ini dijual oleh seseorang yang merasa hidupnya tidak akan lama lagi karena mengalami kanker prostat. Ia mendapatkan tanda tangan tersebut 14 tahun lalu.

Ternyata, jaket tersebut dijual dengan harga fantastis. Ia menjual jaket bertanda tangan Mark Brandon seharga Rp 158 juta.

7. Bekas Kunyahan Doritos

Doritos adalah salah satu snack favorit masyarakat. Bahkan camilan satu ini sempat melegenda di Amerika Serikat karena kebohongannya ketika promosi iklan. Perusahaan Doritos menjadi bahan perbincangan setelah meluncurkan produknya ke luar angkasa. Siapa sangka ternyata ada orang menjual kunyahan snack Doritosnya dengan harga mencapai Rp 137 juta.

8. Pakaian dalam Elvis Presley

Penyanyi Elvis Presley memang memiliki ruang tersendiri di hati para penggemarnya. Meskipun sudah meninggal dunia sejak tahun 1977, namun namanya tetap terkenang hingga saat ini dan masih memiliki penggemar setia.

Para penggemar fanatiknya pun mencoba untuk mencari cara agar memuaskan hasrat cintanya kepada Elvis, sang idola. Pada tahun 2012, pakaian dalam bekas Elvis dijual dan para penggemar tentu memperebutkannya. Walaupun meninggalkan noda yang cukup jelas, barang bekas termahal itu laku dengan harga Rp 112 juta.

9. Udara di Konser Kanye West

Kanye West adalah rapper asal Amerika Serikat yang memiliki banyak penggemar setia. Ternyata, ada sebuah kantong udara yang diklaim merupakan udara saat konser Kanye West dijual pada situs eBay.

Kantong itu dideskripsikan berisi udara dari acara Listening Party album Kanye terbaru yang digelar di Atlanta. Di kantong tersebut diberi tulisan "Air From Donda Drop" dan dijual seharga Rp 110 juta.

10. Bungkus Susu Cair Kecil

Susu cair kemasan biasanya dijual dengan harga belasan ribu atau paling mahal ratusan ribu saja. Namun, ada karton bungkus susu cair yang dihargai 2.200 dolar Australia atau sekitar Rp23 juta. Bungkus susu tersebut dijual mahal dengan alasan kartonnya masih tersegel rapi walaupun tidak terisi susu di dalamnya.

Itu dia barang bekas termahal yang memiliki harga jual selangit. Walaupun tidak masuk akal, barang-barang tersebut mungkin memiliki nilai tersendiri di hati sebagian orang. Kalau menurut Anda, barang bekas mana yang paling tidak masuk akal?

 


[Gambas:Video CNBC]

(hsy/hsy)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Artikel Terkait
Features
    spinner loading