Dijuluki Sultan, Seberapa Tajirkah Raffi Ahmad?

Lifestyle - Lidya Julita S., CNBC Indonesia
23 January 2022 15:40
Raffi Ahmad (CNBC Indonesia/ Valentina Angel)

Jakarta, CNBC Indonesia - Raffi Ahmad adalah salah satu selebriti Tanah Air yang tak hanya populer di dalam negeri, bahkan pamornya pun turut menggaung hingga negara tetangga.

Apalagi, sejak menikah dengan rekan sesama selebriti yakni Nagita Slavina dan bersama-sama dengan istrinya ini mendirikan RANS Entertainment, popularitas Raffi Ahmad semakin meroket.

Meski telah memiliki perusahaan sendiri, ia pun masih memiliki sederet program di hampir semua saluran televisi dan selalu tampil sebagai MC di banyak acara besar.


Saat ini, akun YouTube milik RANS Entertainment menjadi salah satu dengan pengikut terbanyak di Indonesia, yakni mencapai 22,6 juta. Hal ini sampai membuatnya dijuluki 'Sultan Andara'. Andara merujuk pada daerah tempat tinggalnya di kawasan Cinere, Depok, Jawa Barat.

Lalu, dengan banyaknya pengikut atawa followers, berapakah kekayaan artis yang juga sering muncul di berbagai program televisi Tanah Air tersebut? apakah suami Nagita Slavina ini termasuk salah satu orang terkaya di Tanah Air?

Berdasarkan daftar 50 taipan terkaya Indonesia yang baru saja dirilis Forbes, nama Raffi Ahmad tidak muncul, dengan batas terbawah (cut-off) diisi oleh Kartini Muljadi dan keluarga yang merupakan pemilik dari perusahaan farmasi Tempo Scan Pacific (TPSC) dengan kekayaan bersih diperkirakan sebesar Rp US$ 695 juta atau setara dengan Rp 9,97 triliun dengan asumsi kurs Rp 14.350 per US$.

Karena absennya Raffi di daftar tersebut, sudah pasti bahwa kekayaannya tidak mencapai Rp 9,97 triliun. Akan tetapi, kekayaan suami Nagita Slavina ini hampir bisa dipastikan masih sangat besar dan jauh di atas kekayaan rata-rata masyarakat Indonesia.

Meskipun sulit dipastikan secara rinci berapa total kekayaan yang dimiliki oleh Raffi dan Nagita, besaran kekayaan mereka setidaknya dapat terlihat dari sumber pendapatan dan beragam aset signifikan yang dimiliki.

Raffi memiliki beberapa sumber pendapatan utama di antaranya adalah konten YouTube, acara televisi, menjadi duta merek (brand ambassador) hingga iklan dan endorsement dari akun Instagram.

Berikut beberapa sumber pundi-pundi Raffi Ahmad dan Nagita Slavina:

Konten YouTube

Meski baru bergabung di platform milik Google tersebut pada 27 Desember 2015, kanal atau channel YouTube RANS Entertainment mampu mengumpulkan 22,5 juta subscriber. Konten dalam channel RANS Entertainment telah ditonton lebih dari 4,94 miliar kali di situs tersebut.

Tentu jumlah tayangan dan pengikut atau subscriber berpengaruh terhadap pendapatan yang diperoleh dari YouTube. Selipan iklan secara otomatis dilekatkan apabila konten sesuai dengan aturan yang disyaratkan. Selain itu, YouTuber seperti Raffi juga dapat memperoleh pemasukan lain dari konten sponsor dengan merek atau perusahaan tertentu secara langsung di luar iklan.

Perusahaan yang melacak statistik dan analitik media sosial, Social Blade, memperkirakan, pendapatan tahunan RANS dari iklan berada di kisaran US$ 577,8 ribu hingga US$ 9,72 juta. Ini setara sekitar Rp 8,29 miliar hingga Rp 132,02 miliar.

Sebagai informasi, Social Blade menggunakan asumsi bahwa pendapatan per seribu tayangan (cost per thousand views/CPM) berada di angka US$ 0,25 - US$ 4.

Acara Televisi

Meskipun saat ini Raffi terlihat semakin gencar melakukan ekspansi, khususnya YouTube, sebelumnya Raffi memulai karier sebagai artis yang kerap muncul di beragam acara televisi lintas stasiun TV masih mempertahankan pekerjaan utamanya yang wara-wiri di layar kaya.

Dengan frekuensi yang tinggi, pendapatan dari acara televisi tidak bisa dipandang sebelah mata. Raffi tidak pernah secara pribadi mengungkapkan total pendapatan dari acara TV, akan tetapi dalam wawancara dengan Roben Onsu dalam acara Podcast miliknya, Ruben menyebut pendapatan Raffi satu episode mencapai Rp 150 juta. Meskipun Raffi membalas dengan menyangkal klaim tersebut.

Duta Merek

Kesepakatan bisnis untuk menjadi duta merek tertentu memang nilainya susah ditaksir, apa lagi dengan kompleksnya perjanjian antara kedua belah pihak.

Satu hal yang mungkin bisa dipastikan adalah, semakin besar perusahaan yang diwakilkan maka semakin besar pundi-pundi yang dapat diperoleh.

Saat ini diketahui Raffi menjadi duta dari perusahaan pengiriman SiCepat Ekspres dan salah satu produk kecantikan yang berhasil memampangkan muka pesohor Indonesia di salah satu papan iklan di Time Square, New York.

Penghasilan Instagram

Penghasilan dari Instagram merupakan salah satu yang paling sulit ditaksir, mengingat perjanjian antara pihak pengiklan dan pemilik akun yang akan memberikan endorsement dapat berbeda-beda antara tiap klien.

Meski demikian salah satu website, id.noxinfluencer.com, memperkirakan akun Raffi yang memiliki engagement atau tingkat keterlibatan 0,3% dapat meraup Rp 100 juta untuk setiap postingan.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Lahir Jadi 'Sultan', Segini Tarif Endorse Anak Raffi Ahmad


(wia)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading