Sering Disepelekan, Ini Pertanda Anda Punya Kolesterol Tinggi

Lifestyle - Linda Hasibuan, CNBC Indonesia
19 January 2022 08:45
Ilustrasi sakit jantung akibat tersumbat pembuluh darah. (Istockphoto/wildpixel)

Jakarta, CNBC Indonesia - Kolesterol tinggi biasanya terjadi karena pola makan yang tidak sehat atau terlalu banyak mengonsumsi makanan mengandung lemak. Pada dasarnya, kolesterol tinggi tidak menimbulkan gejala tertentu. Namun, apabila terjadi komplikasi kolesterol, seseorang akan mengalami gejala tertentu yang menjadi sinyal bahwa ada komplikasi di dalam tubuh.

Berikut adalah beberapa gejala khas yang mungkin muncul akibat komplikasi kolesterol yang mungkin dialami.

1. Kaki dan tangan mudah kesemutan


Gejala yang mungkin timbul akibat kolesterol tinggi adalah kaki dan tangan yang mudah kesemutan. Bahkan, terkadang kaki juga mengalami rasa nyeri, ngilu, atau kondisi yang tidak nyaman ketika digunakan berjalan atau digerakkan sekalipun.

2. Sakit pada rahang

Rasa sakit pada rahang merupakan salah satu gejala serangan jantung yang mungkin terjadi akibat kolesterol tinggi. Maka dari itu, hal ini bisa menjadi salah satu gejala kolesterol tinggi yang bisa Anda waspadai kemunculannya.

3. Disfungsi ereksi

Penumpukan kolesterol bisa terjadi jika kadar kolesterol di dalam tubuh Anda tinggi. Penumpukan ini bisa menjadi salah satu penyebab dari disfungsi ereksi. Pasalnya, penumpukan kolesterol menciptakan plak di pembuluh darah arteri dan menghalangi aliran darah ke penis. 

4. Mudah lelah

Tubuh yang sangat lelah bisa terjadi pada semua orang yang mengalami gangguan kolesterol tinggi. Kondisi ini merupakan salah satu gejala yang mungkin dialami. Masalah utamanya adalah ketika tubuh sebenarnya tidak mendapatkan aliran darah dengan kadar oksigen yang cukup.

Organ tubuh dipaksa untuk melakukan metabolisme dengan keras, sementara jantung dan pembuluh darah sedang bermasalah. Tak jarang tubuh yang mudah lelah dan tidak bersemangat sering dialami sebagai gejala kadar kolesterol tinggi.

5. Nyeri dada

Nyeri dada merupakan salah satu komplikasi dari kolesterol tinggi. Artinya, saat Anda mengalami kondisi tersebut, bisa saja disebabkan karena kadar kolesterol yang sudah terlalu tinggi di dalam darah.

Pasalnya, kadar kolesterol tinggi dapat menyebabkan penumpukan zat lemak pada pembuluh darah arteri. Penumpukan tersebut berpotensi menyebabkan dada terasa nyeri, hingga meningkatkan risiko pasien mengalami serangan jantung.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Jika Tensi & Kolesterol Mendadak Tinggi, Segera Minum Ini


(hsy/hsy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading