6 Makanan Penurun Berat Badan yang Sering Diremehkan, Cek!

Lifestyle - Tati Purwanti, CNBC Indonesia
15 January 2022 16:50
Ilustrasi obesitas (Istimewa)

Jakarta, CNBC Indonesia - Makin banyak orang peduli terhadap kesehatan dan berusaha memiliki berat badan ideal. Untuk itu, makin banyak orang memulai gaya hidup sehat, termasuk dengan berolah raga dan menjaga makanan.

Namun, beberapa harus harus berusaha ekstra untuk menjaga keseharan dan menurunkan berat badan. Selain olah raga rutin, berikut daftar makanan yang bisa bantu menurunkan berat badan.

Almond

Kacang-kacangan seperti almond memiliki lemak sehat yang dubutuhkan dalam diet kita, apalagi jika mencoba untuk menurunkan berat badan. Memang, almond tinggi akan kalori, sehingga konsumsinya harus diperhatikan. Namun, almond laya akan nutrisi, seperti protein dan serat yang akan membuat kita lebih kenyang untuk waktu yang lama.

Apel

Makan apel setiap harinya juga dapat menjaga berat badan kita lho. Apel rendah kalori, namun kaya akan nutrisi vital yang membantu proses penurunan berat badan. Seratnya yang tinggi juga baik untuk kesehatan pencernaan dan membuat kita kenyang lebih lama.

Ubi


Meski sering diremehkan, nyatanya ubi jalar sangat bermanfaat bagi kesehatan dan bekerja sangat baik untuk menurunkan berat badan. Ubi kaya serat, rendah kalori dan menghidrasi. Jadi, selain membantu mengurangi rasa lapar, ubi jalar juga memberi kita Vitamin A dan C.

Jamur

Jamur adalah pengganti daging yang baik, serta kaya akan antioksidan dan memberi tubuh protein dan serat. Selain itu, jamur juga bermanfaat untuk menurunkan berat badan. Berbagai penelitian pun mengindikasikan bahwa memakan jamur dapat meningkatkan rasa kenyang, membuat konsumsi makanan berkalori tinggi lebih rendah.

Oat

Oat mungkin bukan opsi sarapan nomor satu bagi masyarakat Indonesia. Namun, makanan satu ini memiliki kandungan yang bagus bagi kesehatan. Dikemas dengan serat, oat akan membantu kita mengontrol keinginan makan untuk waktu yang lama, menjaga asupan makanan berkalori tinggi.

Terong

Terong kaya akan serat dan rendah kalori, menjadikannya sebagai tambahan yang sangat baik untuk setiap program penurunan berat badan. Serat bergerak melalui saluran pencernaan secara perlahan dan dapat meningkatkan rasa kenyang dan mengurangi asupan kalori. Selain itu, terong sering digunakan sebagai pengganti bahan berkalori tinggi dalam resep.


[Gambas:Video CNBC]

(pgr/pgr)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading