Internasional

Cowok Jomblo Merapat, Masker Medis Buat Pria Lebih Menarik!

Lifestyle - sef, CNBC Indonesia
14 January 2022 15:50
Italy's Luca Vettori wearing a face mask pauses before the men's volleyball preliminary round pool A match between Italy and Canada at the 2020 Summer Olympics, Saturday, July 24, 2021, in Tokyo, Japan. (AP Photo/Manu Fernandez)

Jakarta, CNBC Indonesia - Sebuah penelitian di Inggris menyebut pria yang memakai masker medis lebih menarik bagi lawan jenis. Apalagi jika dibandingkan dengan memakai masker kain.

Hal ini terungkap dalam penelitian Fakultas Psikologi Universitas Cardiff. Ini bahkan membantah penelitian sebelumnya di Jepang tahun 2016 yang menyebut lelaki bermasker dikaitkan dengan penyakit dan tak menarik.




"Meskipun (menggunakan) masker medis mungkin dianggap sedan sakit, masker juga dapat dilihat sebagai tanda warga negara yang bertanggung jawab dan peduli. Yang dapat berdampak positif pada daya tarik yang dirasakan seseorang," tulis penelitian itu dikutip Channel News Asia (CNA), Jumat (14/1/2022).

Penelitian ini dilakukan sejak Februari 2021. Kala itu, sudah tujuh bulan masker diwajibkan di Inggris di tempat-tempat seperti supermarket dan transports umum.

"Penelitian yang dilakukan sebelum pandemi menemukan masker medis mengurangi daya tarik," kata salah satu penulis studi tersebut, dalam sebuah artikel di situs Cardiff University, Dr Michael B Lewis.

"Kami ingin menguji apakah ini telah berubah sejak masker menjadi di mana-mana dan memahami apakah jenis masker memiliki efek."

Sebanyak 43 mahasiswa psikologi diminta menilai 160 wajah pria dengan skala 1 hingga 7. Wajah para pria itu digambarkan dalam empati variasi, wajah tertutup penuh, wajah ditutup buku, wajah ditutup masker kain dan wajah ditutup masker medis.

Penelitian ini menunjukkan pula bagaimana pandemi Covid-19 telah mengubah psikologis warga.

"Ketika kita melihat seseorang memakai topeng, kita tidak lagi berpikir, 'Orang itu bara penyakit dan saya harus menjauh'," katanya Dr Lewis lagi.

"Ini berkaitan dengan psikologi evolusioner ... Masker wajah tidak lagi menjadi isyarat bahwa seseorang terkontaminasi."


[Gambas:Video CNBC]

(sef/sef)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading