Internasional

Keren! Pemerintah Negara Ini Beri 'Bansos' untuk Seniman

Lifestyle - Tim Redaksi, CNBC Indonesia
13 January 2022 11:35
A man dressed as St Patrick walks past a closed Temple bar in Dublin city centre, Monday, March, 16, 2020. All pubs in the Republic of Ireland closed late Sunday to try and tackle the spread of Covid-19. For most people, the new coronavirus causes only mild or moderate symptoms. For some it can cause more severe illness, especially in older adults and people with existing health problems.(AP Photo/Peter Morrison) Foto: Irlandia (AP/Peter Morrison)

Jakarta, CNBC Indonesia - Pemerintah Irlandia akan memberikan bantuan uang tunai pada sekitar 2.000 seniman sebagai uang ganti rugi dampak pandemi Covid-19. Tak tanggung-tanggung, program bantuan tersebut akan dijalankan selama tiga tahun.

Mereka yang akan mendapatkan bantuan ini mulai dari aktor, musisi, dan seniman lainnya. Para pekerja seni akan dibayar setiap minggu sehingga mereka dapat melanjutkan karya kreatif mereka.

Mengutip BBC, pembayaran itu sebesar €10,50 (Rp 171 ribu) per jam. Meski demikian, pendapatan keseluruhan masih belum diputuskan.


Karena pembatasan kegiatan akibat pandemi, semua pusat seni dan hiburan di Republik Irlandia terpaksa ditutup. Untuk memulihkan lagi sektor tersebut, Menteri Pariwisata, Budaya, Seni, Olahraga dan Media Irlandia, Catherine Martin, menyarankan adanya skema bantuan. Rekomendasi utamanya adalah menguji coba skema pendapatan dasar untuk periode tiga tahun di bidang seni, budaya, audio-visual dan pertunjukan teater.

Dalam sebuah pernyataan, Catherine Martin menyebut skema pemberian uang tunai untuk pekerja seni merupakan intervensi kebijakan sekali dalam satu generasi.

Sebelumnya, Catherine Martin mengatakan bahwa pemerintah Irlandia berkomitmen menggelontorkan dana sekitar €25m (Rp 409 miliar) untuk skema yang akan berjalan pada awal 2022.

Meskipun belum ada angka pasti berapa banyak warga Irlandia yang bekerja di bidang seni dan budaya, namun pemerintah mengusulkan angka 2.000 orang. Jika ada lebih banyak orang yang memenuhi syarat, maka penerima bantuan mungkin harus dipilih secara acak.


[Gambas:Video CNBC]

(hsy/hsy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading