Idol Kpop Ini Disebut Berhati Malaikat karena Suka Berdonasi

Lifestyle - Tim Redaksi, CNBC Indonesia
13 January 2022 11:20
IU (Screenshot Instagram @dlwlrma)

Jakarta, CNBC Indonesia -- Penyanyi dan penulis lagu berkebangsaan Korea Selatan, IU, tak hanya dikenal karena bakatnya di dunia musik. Perempuan yang memiliki nama asli Lee Ji-eun ini juga diketahui sebagai salah satu seleb paling rajin berdonasi, sampai-sampai punya julukan malaikat. 

Mengutip Koreaboo, total donasi yang pernah IU sumbangkan sejak debutnya sudah melebihi 1,5 miliar won atau sekitar Rp18 miliar! Donasi tersebut di antaranya telah disalurkan untuk penanganan Covid-19, perawatan lansia, dan anak-anak yang kurang beruntung. Karena kedermawanannya itu, Forbes Asia di tahun 2019 menobatkannya sebagai "Heroes of Philanthropy" atau Pahlawan Filantropi. 

Belum lama ini, untuk merayakan hari debutnya yang ke-13 di dunia hiburan, IU kembali berdonasi senilai 425 juta won ke sejumlah badan amal. Donasi tersebut berupa baju dingin, selimut, sepatu dan obat-obatan yang akan disalurkan pada mereka yang kurang beruntung. 


Salah satu donasi terbesar yang pernah diberikan IU adalah untuk Tragedi Sewol. Di tahun 2014, kapal fery MV Sewol tenggelam dalam perjalanan menuju Pulau Jeju, di Korea Selatan. Ada hampir 300 penumpang yang tewas dalam tragedi tersebut, mayoritas dari mereka adalah anak sekolah. IU, yang merasa hatinya hancur karena tragedi itu, menggelar delapan konser di bulan berikutnya untuk menghormati para korban. Seluruh keuntungan dari konser disumbangkan untuk para korban. 

IU memulai debutnya sebagai penyanyi solo pada 2008 lewat lagu Lost Child. Sejak itu, dia telah mengeluarkan banyak album dan bahkan merambah ke dunia seni peran dengan membintangi sejumlah serial yang disukai para penggemar. 


[Gambas:Video CNBC]

(hsy/hsy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading