Tahu Profesi Tukang Parkir Pesawat? Ini Kisaran Gajinya

Lifestyle - Tim Redaksi, CNBC Indonesia
10 January 2022 19:42
aircraft marshaller (Erik Romanenko/TASS.No use Russia via REUTERS)

Jakarta, CNBC Indonesia -- Seorang juru parkir pesawat, yang dalam bahasa Inggris disebut aircraft marshaller, menjalankan peran yang sangat penting dalam menjaga ketertiban lalu lintas pesawat di bandara.

Mereka bertugas memberi komando pada pilot kapan harus maju, belok, menurunkan laju kecepatan, sampai mematikan mesin pesawat. Terkadang, seorang juru parkir pesawat memberi komando pada pilot sambil mengendarai mobil khusus yang bertuliskan "Follow Me" dan mengantarkan pesawat sampai ke tempat parkirnya atau menuju runway.

Peran seorang juru parkir pesawat sangat penting karena banyak pilot memiliki keterbatasan penglihatan, baik dari pesawat maupun hambatan darat dari kokpit. Dengan demikian, marshaller memandu pilot ke posisi parkir dengan cara yang aman. 


Karena perannya yang vital, profesi ini tidak bisa dijalankan sembarang orang. Perlu sertifikasi khusus yang menandakan bahwa seseorang sudah memenuhi kualifikasi untuk menjadi seorang juru parkir pesawat. 

Menurut situs Ziprecuriter, per Januari 2022, gaji rata-rata juru parkir pesawat adalah 21 USD/jam atau hampir Rp300 ribu/jam (kurs 14.279). Sementara, rata-rata gaji tahunan marshaller atau tukang parkir pesawat di Amerika Serikat per 1 Desember 2021 adalah US$ 43.861 per tahun atau sekitar Rp 622 juta (kurs dolar Rp 14.200). Besaran gaji juga bisa berbeda-beda, tergantung lokasi bandara, pengalaman dan skill seseorang. 

Meski demikian, angka itu tidak bisa menjadi patokan di Indonesia. Mengutip dari detik.com, gaji tukang parkir pesawat berkisar antara Rp 4-6 juta per bulan. Ini jawaban dari Arif Husni yang telah bekerja sebagai tukang parkir pesawat Gapura Angkasa selama 10 tahun.

"Perkiraan saja ya, antara Rp 4-6 juta," tegas Arif.


[Gambas:Video CNBC]

(hsy/hsy)
Terpopuler
    spinner loading
Artikel Terkait
Baca Juga
Features
    spinner loading