Hati-hati! Diet Ketat Bisa Bikin Rambut Rontok

Lifestyle - Tim Redaksi, CNBC Indonesia
10 January 2022 14:20
Ilustrasi Rambut Rontok (Pixabay)

Jakarta, CNBC Indonesia - Studi menunjukkan bahwa diet memiliki korelasi dengan rambut rontok. Karena itu, orang yang kehilangan banyak berat badan biasanya juga mengalami kerontokan rambut. 

Mengutip Healthline, orang cenderung mengalami rambut rontok setelah menjalani operasi pengangkatan lemak atau saat menjalani diet ekstrem, sehingga tubuh tidak mendapat asupan nutrisi dan kalori yang cukup.

Studi menunjukkan bahwa kerontokan rambut akut yang terjadi tiga bulan setelah operasi pengangkatan lemak, biasanya berhubungan dengan operasi itu sendiri. Namun, apabila kerontokan parah terjadi enam bulan atau lebih setelah operasi pengangkatan lemak, kemungkinan terjadi karena kekurangan nutrisi. Kondisi ini merupakan efek samping dari operasi. 


Hal lain yang juga bisa memicu kerontokan rambut adalah kebiasaan merokok, minum alkohol, stress, dan pola tidur yang buruk.

Karena itu, jika Anda ingin mengatasi rambut rontok, hindarilah kebiasaan buruk tersebut dan konsumsi makanan yang mengandung vitamin D, zink dan iron yang dibutuhkan untuk mendapat rambut sehat. 


[Gambas:Video CNBC]

(hsy/hsy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading