Rambut Sering Rontok? Perbanyak Konsumsi Makanan Ini!

Lifestyle - Linda Hasibuan, CNBC Indonesia
29 December 2021 20:45
Ilustrasi Rambut Rontok (Pixabay)

Jakarta, CNBC Indonesia - Rambut rontok adalah salah satu masalah rambut paling umum yang dihadapi banyak orang, baik pria maupun wanita. Selain masalah kesehatan, rambut yang rontok juga bisa mengganggu penampilan.

Kalau ingin rambut lebih sehat dan tidak cepat rontok, perbanyaklah konsumsi makanan berikut ini!

1. Telur


Telur memiliki kandungan protein tinggi yang dibutuhkan oleh rambut. Menurut laporan Detik.com, kandungan proteinnya bisa mencapai 13 gram per 100 gram telur.

2. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan juga dikenal sebagai makanan yang mengandung protein tinggi. Untuk mengatasi rambut rontok, Anda bisa mengonsumsi jenis kacang yang mudah ditemui di Indonesia, seperti kacang tanah dan kacang mete. Anda bisa membuatnya menjadi selai atau saus dressing untuk salad.

Selain kacang tanah, Anda juga bisa mengonsumsi kacang almond atau walnut.

3. Biji-bijian

Selain kacang-kacangan, biji-bijian juga diketahui mengandung protein yang tinggi. Biji bunga matahari mengandung protein yang tinggi sebanyak 21 gram per 100 gramnya. Ada juga biji chia sebanyak 17 gram per 100 gram. Tak hanya protein, biji-bijian ini juga mengandung lemak sehat dan zinc yang baik untuk tubuh.

4. Yogurt 

Yogurt memiliki kandungan protein sebanyak 10 gram per 100 gram. Anda bisa mengonsumsi yogurt secara rutin untuk mengatasi rambut rontok. Untuk menikmatinya, cukup  dengan mencampur yogurt dengan potongan buah segar atau kacang-kacangan.

5. Ikan 

Ikan juga termasuk ke dalam makanan berprotein tinggi, terutama ikan laut seperti salmon dan tuna. Tak hanya protein yang tinggi, tapi juga ada kandungan asam lemak omega-3 dan vitamin A.

Kandungan asam lemak omega-3 ternyata dapat membantu meningkatkan kepadatan rambut untuk membuat kulit kepala menjadi tebal sehingga rambut tak mudah rontok dan tetap sehat.



[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Tanpa Obat, Ini 16 Cara Memanjangkan Rambut dengan Cepat


(hsy/hsy)
Terpopuler
    spinner loading
Baca Juga
Features
    spinner loading