Ini Kebiasaan yang Tak Pernah Dilakukan Orang Kaya

Lifestyle - Linda Hasibuan, CNBC Indonesia
10 January 2022 09:25
Ilustrasi Menabung (Image by USA-Reiseblogger from Pixabay(

Jakarta, CNBC Indonesia - Orang-orang kaya yang sukses pastilah mereka yang pekerja keras. Namun, pernahkah Anda penasaran dengan kebiasaan yang tak pernah dilakukan oleh orang kaya? Orang kaya sangat menghindari berbagai kebiasaan yang dilakukan kebanyakan orang biasa. Apa saja?

1. Belanja lebih dari kebutuhan

Orang sukses selalu menghabiskan uang untuk berbagai hal yang membuatnya lebih baik. Mereka menghabiskan uang untuk bisnis, pengembangan bakat dan diri. Para pengusaha kaya juga menghabiskan uang dengan perhitungan yang matang. Tak hanya itu, mereka lebih fokus pada pendapatan dibandingkan menghabiskan uang untuk kesenangan sesaat.


2. Tidak suka gosip

Sulit rasanya bertemu pengusaha sukses yang gemar bergosip dan membicarakan orang lain dari belakang. Tentu saja, itu lantaran mereka tak mau membuang waktu berharganya untuk memikirkan persoalan orang lain. Jika pun mereka membicarakan kesalahan orang lain, itu demi menjadi pelajaran bagi kesuksesannya kelak. Berhentilah fokus pada kehidupan orang lain.

3. Tidak meninggalkan warisan

Meninggalkan warisan kepada anak dan cucu bukanlah kebiasaan yang dilakukan orang kaya. Seperti Bill Gates dan Mark Zuckerberg yang mengatakan bahwa mereka ingin anak mereka menemukan jalan mereka daripada mengandalkan warisan.

Sebaliknya, kedua orang kaya itu memberikan sebagian besar kekayaan mereka untuk membantu orang-orang yang membutuhkan.

4. Tidak membeli barang mewah

Orang kaya ternyata tetap memperhitungkan uang yang mereka belanjakan dan hidupnya tetap terstruktur dengan baik. Mereka hanya memikirkan apa yang akan dibeli dan manfaat apa yang mereka dapatkan.

Sebagai contoh, pendiri IKEA Ingvar Kamprad mengatakan kepada Newsweek bahwa dia hanya menggunakan produk pasar loak sebagai contoh yang baik. Sementara itu, Bill Gates memberi tahu Time bahwa dia masih memakai jam tangan senilai US$10. Padahal, mengingat kekayaannya, mengisi lemari rumahnya dengan jam tangan Omega berharga ratusan juta bukanlah hal yang mustahil.

5. Punya banyak kartu kredit

Kartu kredit hanya memperbesar kesempatan Anda untuk membeli barang yang sebenarnya tidak dibutuhkan. Jika memiliki lebih banyak kartu kredit, ada lebih banyak biaya yang harus diperhatikan dan dikumpulkan.

Tom Corley, penulis buku "Rich Habits: The Daily Habits of Successful People" mengungkapkan fakta unik kepada US News and World Report. Menurut dia, hanya delapan persen orang kaya yang menggunakan lebih dari satu kartu kredit. Sedangkan, 77 persen orang yang kurang mampu memiliki banyak kartu kredit.


[Gambas:Video CNBC]

(hsy/hsy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading