Usai Vaksin Covid-19 Jangan Langsung Pulang Ya! Ini Alasannya

Lifestyle - Tim Redaksi, CNBC Indonesia
05 January 2022 12:35
Vaksinasi gotong royong (CNBC Indonesia)

Jakarta, CNBC Indonesia - Program vaksinasi Covid-19 hingga saat ini masih terus digencarkan. Bagi Anda yang akan segera menerima vaksin Covid-19, jangan langsung pulang setelah disuntik ya! 

Dalam petunjuk teknis pelaksanaan vaksinasi Covid-19 yang diterbitkan Kementerian Kesehatan disebutkan bahwa mereka yang sudah disuntik vaksin harus menunggu selama 30 menit di fasilitas kesehatan. Tujuannya agar petugas medis dapat melakukan observasi terhadap beberapa perubahan di tubuh ketika sebelum dan sesudah disuntik vaksin.

"Untuk mengantisipasi terjadinya kasus Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI) yang serius maka sasaran diminta untuk tetap tinggal di tempat pelayanan vaksinasi selama 30 menit sesudah vaksinasi dan petugas harus tetap berada di tempat pelayanan minimal 30 menit setelah sasaran terakhir divaksinasi," tulis petunjuk teknis dari Kemenkes RI.


Perlu diketahui, KIPI merupakan setiap kejadian medis yang tidak diinginkan. Hal ini biasanya terjadi setelah disuntikkan vaksin atau imunisasi dan belum tentu memiliki hubungan kausalitas dengan vaksin.

Dalam petunjuk teknis, secara umum disebutkan bahwa vaksin tidak memicu reaksi pada tubuh. Jika memang terjadi, efek samping hanya menimbulkan reaksi yang ringan, seperti:

  • Reaksi lokal

Efek samping ini ditandai dengan rasa nyeri, kemerahan, serta bengkak pada tempat suntikan. Sedangkan reaksi lokal berat, ditandai dengan selulitis.

  • Reaksi sistemik

Efek samping ini ditandai dengan demam, nyeri otot seluruh tubuh, nyeri sendi, badan terasa lemah, serta sakit kepala.

  • Reaksi lain

Efek samping ini ditandai dengan biduran, reaksi anafilaksis, serta pingsan.

Jika efek samping ringan muncul, seperti rasa nyeri, bengkak, dan kemerahan pada tempat suntikan, Anda bisa mengatasinya sendiri dengan memberikan kompres dingin atau mengonsumsi obat pereda nyeri yang dijual bebas di pasaran.

Sedangkan untuk reaksi sistemik, Anda dianjurkan untuk mengonsumsi lebih banyak air putih, menggunakan pakaian dari bahan yang nyaman, kompres atau mandi air hangat serta mengonsumsi obat pereda nyeri.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Ini Ciri Orang yang Boleh dan Tidak Boleh Divaksin Covid


(hsy/hsy)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading