8 Grup K-Pop Ini Bakal 'Selesai' di 2022, Siapa Favoritmu?

Lifestyle - Ferry Sandi, CNBC Indonesia
02 January 2022 13:00
Wah! Album Fancy Twice Laku Keras di AS dan Berhasil Pecahkan CNBC Indonesia TV

Jakarta, CNBC Indonesia - Ada banyak grup K-pop yang kontraknya dengan agensi berakhir di tahun 2022 ini. Mereka biasanya akan berdiskusi dengan manajemen dalam memutuskan lanjut kontrak atau tidak.

Kalangan penggemar K-pop menyebutnya sebagai kutukan tujuh tahun karena banyak yang tidak bisa melewati fase ini. Pasalnya, ketika menghadapinya beberapa memilih untuk bubar, misal Sistar, Lovelyz dan lainnya.

Berikut beberapa grup K-pop yang kontraknya berakhir di 2022:


TWICE

TWICE memulai debut 2015. Memang tidak ada data jelas soal kontrak mereka. Namun netizen menyebut hal itu tidak lama lagi.

TWICE memiliki sembilan personel yakni Nayeon, Jeongyeon, Momo, Sana, Jihyo, Mina, Dahyun, Chaeyoung dan Tzuyu. Saat ini grup tersebut berada di bawah naungan agensi JYP Entertainment.

Oh My Girl

Oh My Girl juga memulai debut di 2015. Diperkirakan kontrak semua anggota akan segera habis.

Oh My Girl adalah girl grup Korea Selatan yang dibentuk oleh WM Entertainment. Grup ini terdiri dari tujuh anggota yakni Hyojung, Mimi, YooA, Seunghee, Jiho, Binnie dan Arin.

DAY6

Pop rock band DAY6 melakukan debut pada tahun 2015 di bawah agensi JYP Entertainment. Disebutkan bahwa ada kemungkinan bahwa kontrak mereka akan berakhir tahun ini atau tahun depan.

Band ini terdiri dari Sungjin, Jae, Young K, Wonpil, dan Dowoon. Debutnya sempat meraih posisi ke-2 tertinggi di Billboard's World Album Chart kala itu

Dreamcatcher

Grup ini debut tahun 2014. Allkpop menyebut kontrak untuk grup ini sekitar lima hingga tujuh tahun.

Tanggal berakhirnya kontrak grup yang terdiri JiU, SuA, Siyeon, Handong, Yoohyeon, Dami, dan Gahyeon itu diperkirakan tahun ini atau tahun depan. Dreamcatcher berada di bawah agensi Happyface Entertainment.

DIA

DIA memulai debutnya pada 14 September 2015, di bawah naungan MBK Entertainment. DIA telah melalui beberapa perubahan line-up dan saat ini memiliki tujuh anggota.

Masa depan girlband ini pun terlihat tidak pasti lantaran comeback mereka terakhir pada Mei 2020 tanpa Chaeyeon dan Somyi. Selain itu, agensi tampaknya mendorong karier akting Chaeyeon yang membuat para netizen memprediksi DIA akan bubar tahun depan.

iKON

iKON memulai debutnya sebagai grup dengan tujuh member pada 15 September 2015, tapi saat ini hanya memiliki enam member setelah B.I hengkang dari grup. Saat ini, Bobby telah mengumumkan akan segera menikah dengan tunangannya dan telah menjadi ayah dari seorang anak.

Karena berita besar yang cukup menghebohkan ini, banyak yang meragukan masa depan iKON.

Monsta X

Monsta X memulai debutnya di bawah Starship Entertainment pada 14 Mei 2015, setelah dibentuk di acara survival No.Mercy. Saat ini leader grup, Shownu tengah menjalani wajib militernya.

Meskipun begitu, banyak penggemar yang berharap MONSTA X akan menandatangani kembali kontrak mereka dengan Starship Entertainment.

UP10TION

memulai debutnya di bawah TOP Media pada 10 September 2015. Pada tahun 2019, Lee Jinhyuk dan Kim Wooseok berkompetisi di Produce X 101 sebagai peserta. Keduanya menjadi trainee populer dan saat final Kim Wooseok berhasil masuk dalam line-up X1.

Hal ini membantu UP10TION mendapatkan perhatian netizen. Jinhyuk dan Wooseok tidak pernah kembali ke UP10TION dan debut sebagai solois. UP10TION sendiri dijadwalkan akan merilis mini album kesepuluh mereka Novella pada 3 Januari 2022.

Namun, setelah itu, banyak yang tidak yakin apakah grup tersebut akan bubar atau tetap bersama.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Forbes Korea Rilis Raja dan Ratu Visual Kpop, Ada Idola Kamu?


(fys/mij)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading