Deretan Idol K-pop yang Tajir dari YouTube, Bisa Pensiun Dini

Lifestyle - Tim Redaksi, CNBC Indonesia
30 December 2021 12:55
BTS perform di acara Billboard Music Awards 2021. (NBC via AP)

Jakarta, CNBC Indonesia -- Para idol K-pop tahu betul cara memonetisasi akun YouTube mereka yang memiliki jutaan pengikut. Sejumlah idol K-pop dilaporkan memiliki pendapatan fantastis dari YouTube yang nilainya cukup untuk mereka pensiun dini. 

Forbes Korea beberapa waktu lalu merilis daftar selebriti dengan penghasilan tertinggi dari platform video tersebut. Dari 20 nama yang masuk daftar, 16 di antaranya adalah penyanyi K-pop.

Berikut adalah lima idol K-pop dengan penghasilan tertinggi dari YouTube. 


5. IU 

Fashion IU di Drama 'Hotel Del Luna' (hancinema.net)Foto: Fashion IU di Drama 'Hotel Del Luna' (hancinema.net)
Fashion IU di Drama 'Hotel Del Luna' (hancinema.net)

Penyanyi yang memiliki nama asli Lee Ji-eun ini dilaporkan memiliki pendapatan tahunan dari YouTube mencapai US$ 1,4 juta atau hampir Rp 20 miliar! IU, yang memulai debutnya di tahun 2007, hingga kini tetap menjadi penyanyi yang selalu dinantikan karyanya. Jika diakumulasi, video-video IU di YouTube sudah ditonton lebih dari 1 miliar kali. 

4. Seventeen 

Boy group Seventeen ada di urutan ke-empat dalam daftar penyanyi K-pop dengan pendapatan YouTube tertinggi. Grup yang terdiri dari lima personel ini memiliki lebih dari 7 juta pengikut di platform video tersebut. Menurut Forbes Korea, pendapatan tahunan mereka mencapai US$ 1,7 juta atau sekitar Rp 24 miliar. 

3. NCT Dream 

Boy group yang berada di bawah naungan SM Entertainment ini memiliki 4,18 juta pengikut di YouTube. Dari video-video mereka yang ditayangkan di platform tersebut, NCT Dream bisa meraih pendapatan tahunan US$ 1,9 juta atau sekitar Rp 26 miliar. Di kanal YouTube-nya, NCT kerap membagikan video di belakang layar mereka yang sudah ditonton jutaan kali oleh penggemar.

2. BLACKPINK

BlackPink (Tangkapan Layar Youtube Blackpink)Foto: BlackPink (Tangkapan Layar Youtube Blackpink)
BlackPink (Tangkapan Layar Youtube Blackpink)

Girl group BLACKPINK ada di posisi kedua dalam daftar idol K-pop dengan penghasilan tertinggi dari YouTube. Grup yang digawangi Jennie, Rose, Jisoo dan Lisa ini memiliki 69 juta pengikut. Jika diakumulasi, video-video mereka sudah ditonton lebih dari 20 miliar kali.

BLACKPINK, yang memiliki komunitas penggemar di berbagai negara, dilaporkan memiliki pendapatan tahunan dari YouTube senilai US$ 11,6 juta atau sekitar Rp 164 miliar! Saat ini, para personel BLACKPINK juga ada dalam daftar seleb dengan pengikut terbanyak di berbagai platform sosial media. 

1. BTS 

Di posisi puncak ada boy group BTS yang dilaporkan memiliki pendapatan tahunan dari YouTube sedikitnya US$ 16,5 juta atau setara Rp 230 miliar! Channel YouTube mereka, BangtanTV, memiliki lebih dari 60 juta pengikut. Ribuan video BTS sudah ditonton penggemar setia mereka lebih dari 13 miliar kali.

Legenda K-pop ini juga memiliki komunitas penggemar global di banyak negara. Karena itu, tak mengherankan jika grup yang belum lama ini menggelar konser di Amerika Serikat tersebut berada di posisi teratas dalam daftar idol K-pop dengan penghasillan tertinggi dari YouTube. 


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Setelah Suga, Kini RM dan Jin BTS Juga Positif Covid-19


(hsy/hsy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading