Simak, 3 Cara Terbaik Istirahatkan Tubuh Anda Saat Berlibur

Lifestyle - Wilda Asmarini, CNBC Indonesia
25 December 2021 10:00
Calon penumpang distasiun kereta Pasar Senen, Jakarta, Jumat (24/12/2021). (CNBC Indonesia/Muhammad Sabki)

Jakarta, CNBC Indonesia - Kini telah memasuki masa libur Natal (2021) dan Tahun Baru 2022. Tak ayal banyak orang memilih untuk berlibur ke luar kota untuk menikmati masa liburan bersama keluarga.

Namun, tak dimungkiri kadang kali Anda merasa perlu memerlukan waktu libur pada saat Anda juga sedang berliburan. Hal ini bisa terjadi karena saat berlibur, aktivitas Anda justru semakin padat, mulai dari jalan-jalan dan juga mengurus keperluan keluarga.

Nah, karenanya ada perubahan kecil yang dapat Anda lakukan dalam rutinitas liburan Anda agar masa-masa liburan ini benar-benar bisa mengisi ulang tenaga Anda dan siap kembali menghadapi rutinitas pekerjaan nantinya dengan lebih bahagia.


Berikut sejumlah tips dari ahli kesehatan mental Emily Ballesteros agar Anda bisa memprioritaskan untuk menjaga atau merawat diri dan memaksimalkan waktu istirahat Anda, mengutip CNBC International, Sabtu (25/12/2021):

1. Perawatan diri, istirahat, dan isi ulang daya tubuh

Untuk memaksimalkan masa libur Anda, fokus lah pada tiga hal, yaitu perawatan diri, istirahat, dan mengisi ulang daya tubuh.

Menjaga atau merawat diri di sini maksudnya menyelesaikan tugas-tugas Anda. Dengan membersihkan ruang Anda, membeli bahan makanan, mengatur keuangan Anda dan menyelesaikan tanggung jawab lain, Anda berarti menjaga diri sendiri. Dan hal-hal yang sudah beres saat liburan selesai akan membantu Anda kembali bekerja dengan lebih sedikit stres.

Istirahat berarti meluangkan waktu untuk aktivitas santai yang berenergi rendah seperti membaca, menonton TV, atau berjalan-jalan agar tubuh Anda dapat memulihkan tenaga secara fisik. Berbagai penelitian telah menunjukkan bahwa teknik relaksasi semacam itu dapat menurunkan tekanan darah Anda, memperbaiki pencernaan dan memperlambat detak jantung Anda, di antara manfaat kesehatan lainnya.

Sedangkan mengisi daya tubuh di sini maksudnya mengacu pada "kegiatan menyenangkan yang membentuk makna hidup", seperti bergaul dengan teman, bepergian, atau menghabiskan waktu untuk hobi baru. Memenuhi aktivitas membantu memperdalam hubungan Anda dan menciptakan kenangan indah, kata Ballesteros, yang keduanya baik untuk kesehatan mental Anda.

Kebanyakan orang akan menghabiskan waktu senggang mereka hanya untuk melakukan satu atau dua kegiatan ini, seperti menghabiskan sepanjang hari bersama teman atau membersihkan loteng, kata Ballesteros.

"Pada akhir pekan, rumah mereka mungkin sangat terawat, tetapi mereka belum beristirahat sama sekali. Atau mereka menghabiskan banyak waktu bepergian, tetapi mereka tidak memiliki bahan makanan atau pakaian bersih," katanya.

Menurutnya, Anda harus mengatasi ketiga area ini agar merasa lebih seimbang ketika Anda kembali bekerja.


2. Batasi Teknologi

Ballesteros menyarankan agar Anda mematikan telepon Anda selama beberapa jam atau setidaknya tinggalkan ponsel Anda di ruangan berbeda. Lalu, fokuslah pada aktivitas lainnya, seperti melipat pakaian yang sudah dicuci, membaca buku, atau berjalan-jalan.


3. Ciptakan Ritual Saat Liburan

Melakukan ritual saat liburan diperlukan agar Anda tetap sehat mental di tengah liburan Anda yang "menggila". Ritual ini bisa berupa setidaknya satu atau dua jam menikmati kopi atau teh di pagi hari atau berolahraga di pagi atau malam hari.

Ritual ini bisa mengurangi kegelisahan Anda dan meningkatkan emosi positif seperti kepercayaan diri dan rasa bersyukur.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

10 Tempat Wisata Terbaik yang Wajb Kamu Datangi Tahun Depan


(wia)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading