4 Cara Mulai Kembali Karier di Tengah Pandemi

Lifestyle - Thea Fathanah Arbar, CNBC Indonesia
28 September 2021 08:40
Pengusaha milenial sedang menyaksikan Acara Pengundian program Rekening Premium Tokopedia di Jakarta pada Rabu, 21 Oktober 2020. BNI mengadakan program promo bagi para seller Tokopedia yang memilih BNI Taplus Bisnis sebagai rekening pencairan hasil penjualannya dengan total hadiah mencapai Rp 1,4 miliar.

Jakarta, CNBC Indonesia - Sejak terjadinya pandemi Covid-19, tidak sedikit orang di dunia yang banting setir pekerjaan dan memulai kembali karier baru. Ini semua dilakukan demi bisa bertahan hidup.

Katy Milkman, profesor di The Wharton School dan penulis buku 'How to Change: The Science of Getting From Where You Are To Where You Want To Be' mengatakan pandemi menjadi momen yang luar biasa untuk membuat perubahan pada karir dan pekerjaan.


"Kita cenderung menganggap diri kita sebagai protagonis dalam sebuah buku, dengan kehidupan kita terbentang dalam beberapa bab," kata Milkman, dilansir dari Reuters. "Setiap jeda bab terasa seperti awal yang baru: 'Itu saya yang lama, ini saya yang baru.'"

Meski perubahan memang tidak pernah mudah, berikut adalah empat tips untuk meng-upgrade diri sendiri saat mulai membangun karir selama pandemi

Susun Rencana Terperinci

Jangan membuat banyak tujuan besar yang membuat Anda kewalahan, yang pada akhirnya tidak ada yang dicapai satupun. Sebaliknya, identifikasi satu tujuan sebagai prioritas utama, dan kemudian mulai tentukan langkah untuk mewujudkannya.

"Anda tidak bisa hanya menentukan tujuan besar dan mengharapkannya terjadi secara ajaib," kata Milkman. "Anda harus strategis dalam mencapai tujuan tersebut. Jadilah ahli taktik tentang hal itu."

Buat Rutinitas Baru

Memang sangat sulit untuk menghentikan kebiasaan lama, tetapi penelitian menunjukkan bahwa orang berhasil harus bisa menciptakan perubahan di lingkungan yang segar, seperti pindah ke rumah baru atau pindah ke perguruan tinggi baru.

"Jika Anda belum ke kantor dalam 14 bulan, maka Anda tidak memiliki semua kebiasaan lama itu dalam jadwal Anda," kata Milkman. "Anda bisa membangunnya dari awal. Sekarang Anda memiliki semua peluang ini untuk menciptakan rutinitas baru."

Membangun Relasi yang Searah

Perubahan karir mungkin tampak seperti bukit yang curam untuk didaki. Namun ketika dipasangkan dengan orang lain yang berniat mencapai hal yang sama, peluang Anda untuk sukses jauh lebih tinggi.

"Kelilingi diri Anda dengan rekan-rekan yang berjuang untuk tujuan yang sama dan membuat kemajuan," kata Milkman. "Ini menunjukkan kepada Anda apa yang mungkin, membantu Anda menjadi lebih percaya diri, dan Anda dapat meniru strategi. Belajar dari satu sama lain."

Menentukan Tanggal

Pandemi memang menyulitkan tetapi Anda masih dapat mengingat tanggal-tanggal penting dari tahun ini, yang akan membantu menutup masa lalu dan mendorong maju.

"Setiap orang mungkin memiliki landmark independen mereka sendiri," kata Milkman. "Mungkin ketika Anda kembali ke sekolah, atau mendapatkan vaksin Anda, atau pertama kali naik pesawat, atau melihat kerabat lagi."

Setiap momen ini adalah awal yang baru, semakin banyak semakin baik. "Setiap penanda adalah peluang besar untuk perubahan," tambah Milkman.


[Gambas:Video CNBC]

(sef/sef)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading