Heboh Dianggap Rasis, Olvah Alhamid Unggah Video Minta Maaf

Lifestyle - Linda Hasibuan, CNBC Indonesia
08 December 2021 17:05
Olvah Alhamid (Instagram)

Jakarta, CNBC Indonesia - Baru-baru ini nama Olvah Alhamid mendadak menjadi perbincangan. Mantan peserta Puteri Indonesia 2015 itu dianggap melakukan ujaran rasis.

Tak lama videonya viral di media sosial, Puteri Indonesia Papua Barat tahun 2015 itu segera melakukan klarifikasi dan meminta maaf melalui kanal YouTube-nya.

Ia mengklarifikasi terkait video berbau rasis itu. Dia meminta maaf sebesar-besarnya dan tidak membenarkan sama sekali sikapnya dalam video tersebut.


"Di sini saya hanya ingin mengklarifikasi, mungkin teman-teman sudah melihat video viral, yang tentang saya di Bandara Soekarno-Hatta. Dan saya ingin meminta maaf sebesar-besarnya, sedalam-dalamnya terhadap apa yang saya bilang dalam video itu. Yang seharusnya saya tidak saya lakukan. Apapun penjelasan saya di sini tidak membenarkan sikap saya saat itu," kata Olvah dalam video yang ia unggah pada akun YouTube-nya, Rabu (8/12/2021).

Video yang telah ditonton 11 ribu orang itu juga menceritakan pengalaman Olvah yang kerap menjadi korban perlakuan tidak menyenangkan dari ras tertentu. Di masa lalu ia acap kali mendapatkan perlakuan tidak menyenangkan.

Hal tersebut masih menyisakan luka mendalam baginya. Bahkan, ia pernah diludahi oleh oknum dari ras tersebut.

"Saya tiga tahun sekolah di Surabaya, di sana mendapatkan perlakuan yang sangat-sangat tidak menyenangkan. Begitu juga dengan kakak saya. Begitu pula orang tua saya. Orang tua saya pernah berjalan dengan saya di suatu mal, dan kami juga diludahi oleh beberapa orang itu," paparnya.

Olvah juga bercerita soal pengalamannya saat disebut "monyet" oleh seseorang di mal mewah di Jakarta. Olvah pun mengaku kembali teringat akan peristiwa di masa lalu tersebut karena kesan jijik yang ditampilkan saat di pesawat.

"Saya sempat di-interview dan saya cerita pernah dibilang 'monyet' di dalam mal sangat mewah di Jakarta. Jujur memberikan luka tersendiri bagi saya. Dan juga sebelum video itu, perlakuan jijik ini, atau perlakuan sikap dari mereka yang kayak gitu sama kami di pesawat saat itu, itu membuat saya terluka lagi," ungkapnya.

Sebelumnya, video yang berasal dari story Instagram @olvaholvah itu muncul di sebuah video TikTok dan viral di Twitter. Dalam video tersebut, Olvah tampak baru sampai di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta.

Dia melihat beberapa penumpang yang juga baru sampai di bandara. Dia lantas menyebut orang-orang yang lewat itu dengan nada rasis.

"Nih orang-orang ini orang Cina semua nih. Mereka takut loh, takut ama kita, padahal mereka yang bawa penyakit ke Indonesia," kata Olvah dalam video yang tengah viral tersebut.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Jrengg.. Gigi Hadid & Zayn Malik Dikabarkan Putus!


(wia)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading